Tabur Benih Ikan Baung di Sungai Rokan, Bupati Suyatno: Rohil Punya Sumber Daya Hayati yang Besar

Tabur Benih Ikan Baung di Sungai Rokan, Bupati  Suyatno: Rohil Punya  Sumber Daya Hayati yang Besar

BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) - Guna menjaga keberlangsungan habitat ikan baung di Sungai Rokan, perlu perhatian dari semua pihak untuk menjaga dan memastikan fauna tersebut tetap ada.

Seperti yang dilakukan Bupati Rokan Hilir Suyatno bersama Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat melakukan tabur bibit ikan baung di Sungai Rokan, tepatnya di Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir.

Penyemaian bibit ikan baung ini juga disaksikan Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Danrem 031/WB Brigjend TNI Abdul Karim beserta penggantinya Brigjend TNI Edy Natar Nasution yang dijadwalkan 24 Agustus nanti akan melakukan serah terima jabatan.

Kemudian hadir juga Walikota Dumai Zulkipli AS, mantan Gubernur Riau Saleh Jasit, Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau Herman serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Riau lainnya, Camat Tanah Putih, tokoh masyarakat dan ratusan warga yang hadir pada kesempatan ini.

Sebelum penebaran bibit, terlebih dahulu diawali dengan penyerahan 58 ribu bibit ikan baung secara simbolis sejumlah anggota DPRD Riau seperti Asri Auzar, Karmila lalu diserahkan kembali kepada sejumlah warga.

Selain penyerahan bibit, diserahkan pula kartu asuransi untuk nelayan, klaim pembayaran asuransi yang juga diserahkan secara simbolis.

Gubernur Riau yang biasa disapa Andi Rachman ini‎ berharap bibit yang ditebar tersebut akan bermanfaat dalam beberapa tahun mendatang. Namun sebelumnya penting sekali bagi masyarakat menjaga keberadan sungai.

Nantinya diharapkan, begitu bibit ikan baung yang ditebar ini sudah siap dipanen, akan menjadi sumber penghasilan‎ bagi masyarakat.

Gubri Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, penebaran bibit ikan baung ini merupakan salah satu langkah penyelamatan populasi ikan baung yang mulai berkurang akibat pencemaran air sungai Rokan. 

"Penebaran benih ikan baung, diharapkan potensi sungai akan lebih meningkat. Sungai tidak hanya untuk transportasi melainkan bisa dimanfaatkan sebagai menumpang hidup para nelayan dan bagi masyarakat yang ada disekitar sungai Rokan,” Harapnya.

Gubernur Riau yang biasa disapa Andi Rachman ini‎ berharap bibit yang ditebar tersebut akan bermanfaat dalam beberapa tahun mendatang. Namun sebelumnya penting sekali bagi masyarakat menjaga keberadan sungai.

Masyarakat kecamatan tanah putih berterima kasih kepada pemerintah provinsi riau melalui dinas perikanan dan kelautan telah meluncurkan program penebaran benih ikan baung sebanyak 5800 Ekor di Pulau Tilan.

Program Restoking merupakan provinsi Riau, masyarakat disini khususnya sangat menyambut baik, penebaran benih ikan,bilamana  dua tahun atau tiga tahun benih telah membesar ikan baung dapat dinikmati hasil nanti." kata Camat Tanah Putih Rokan Hilir, Ramlandi Pulau Tilan Tanah Putih.

Bupati Rokan Hilir H. Suyatno mengucapkan terimakasih atas kehadiran Gubernur, wakil Gubernur dan berserta rombongan dalam kegiatan penebaran benih ikan baung di Kepenghuluan Rantau Bais Kecamatan Tanah Putih.

Selain itu Suyatno juga apriasi terhadap kinerja Datuk Penghulu Rantau Bais dalam membangun perekonomian masyarakat dengan membuat jembatan terapung di sungai rokan untuk sampai di Taman Wisata Pulau  Tilan dengan mengunakan dana ADD. 

Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) memilki daya tarik dan unggulan investasi perikanan baik perikanan tangkap maupun budidaya dan pengolahan hasil perikanan untuk komoditi perikanan laut, yakni Rohil mempunyai sumber daya hayati yang cukup luas dan memiliki Suwadaya Manusia (SDM) yang cukup besar dan terampil di bidang perikanan sesuai aspek perikanan. (R15/Advertorial)

Listrik Indonesia

#Advertorial Pemkab Rohil

Index

Berita Lainnya

Index