Jurnalis Diminta Lebih Jeli Gunakan Bahasa

Jurnalis Diminta Lebih Jeli Gunakan Bahasa

 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Untuk bisa menyelam lebih jauh ke dunia jurnalistik, salah satu hal yang harus selalu dipaerhatikan adalah penulisan dan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
 
Menindak lanjuti permasalahn tersebut, perwakilan Liputan6 SCTV, Aldian, dalam pertemuan yang membahas seputar dunia jurnalisme penyiaran Indonesia, Jumat (14/11) menyampaikan beberapa materi yang berguna untuk para peserta seminar tersebut.
 
"Hal paling utama yang harus dikuasai oleh wartawan, baik itu media cetak maupun televisi, adalah penguasaan bahasa. Selama ini, banyak yang acuh akan kedigdayaan mereka terhadap bahasa," jelas Aldian.
 
Ia juga mengatakan, awak media sering kali salah dalam menulis maupun menyebutkan, serta mendengungkan intonasi yang benar dalam menyampaikan suatu berita atau peristiwa.
 
"Seolah-olah kita semua ini telah benar, padahal kalau ditilik lagi ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, saya yakin mayoritas dari kita masih melakukan kesalahan," jelas Aldian lagi.
 
Dengan memberikan beberapa contoh kata dan kalimat yang sering salah kita tulis dan ucapkan, Aldian berhasil membuat peserta seminar hanyut dalam rangkuman materinya.
 
"Kita harus mau dan sering mengoreksi tulisan dan bahasa yang kita gunakan. Karena, kalau bukan kita sendiri yang menyadarinya, orang lain 2juga sama bersalahnya dan acuh terhadap kita," kata Aldi. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index