Pemkab Rohul Tata Ulang Wisata Air Terjun Aek Martua, Jalan-jalan Diperbaiki

Pemkab Rohul Tata Ulang Wisata Air Terjun Aek Martua, Jalan-jalan Diperbaiki
Air Terjun Utama Aek Martua

PASIRPANGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Rohul, sudah mulai menata satu persatu objek wisata yang ada di daerahnya.

Salah staunya Air Terjun Aek Martua‎ di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba. Objek wisata alam yang mempesona juga wisata andalan Kabupaten Rohul saat ini mulai ditata, agar bisa menarik wisatawan berkunjung. 

Kemudian selain dilakukan penataan, jalan menuju ke objek wusata Air Terjun Aek Martua, kini juga sedang dilakukan perbaikan oleh Dinas Pemukiman dan Kawasan Pemukiman (PKP) Rohul‎. 

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Rohul juga programkan penataan di Aek Martua. Air Terjun Aek Martua, objek wisata alam unggulan di Kabupaten Rohul. 

Nama Aek Martua diambil dari bahasa  daerah satu di antara suku di Riau, yaitu suku Mandailing yang bermakna 'Air Bertuah'.

Diakui Kepala Disparbud Rohul Drs. Yusmar M.Si, sebelumnya untuk sampai ke Air Terjun Aek Martua pengunjung harus berjalan kaki hingga sekira 2 kilometer.

Sejak jalan diperbaiki‎ oleh Dinas PKP Rohul, pengunjung bisa membawa kendaraan sampai lokasi parkiran sementara yang disediakan, hanya berjalan sekira 400 meter sampai 500 meter ke air terjun.

“Mobil belum bisa masuk ke lokasi Air Terjun Aek Martua, baru sepeda motor saja," ungkap Yusmar.

Diakuinya, mobil belum bisa masuk ke kawasan Air Terjun Aek Martua, karena jembatan yang membelah hulu Sungai Batang Lubuh masih jembatan gantung. Namun mobil bisa diparkirkan di rumah warga Tangun.

Nantinya, mulai parkiran kendaraan, pengunjung akan menyusuri jalan setapak yang sedang tahap perbaikan dan langsung ke Air Terjun Aek Martua, tidak lagi menuruni jalan terjal dan sesekali merangkak memegang akar pohon seperti sebelumnya.

Kini, meski lelah karena menapaki jalan menurun dan menanjak, namun pengunjung akan dimanjakan dengan pohon-pohon yang tumbuh liar di kawasan hutan.

Yusmar juga mengatakan, dirinya bersama pegawai dan pihak Kecamatan Bangun Purba‎ sudah meninjau langsung objek wisata Air Terjun Aek Martua, mengendarai sepeda motor, Selasa sore (7/11/2017).

Dimana di objek wisata Air Terjun Aek Martua, dibagi dalam tiga tingkatan, Arda 1, Arda 2, dan Arda 3. Suara jatuhnya air membuat suasana alam semakin jelas. 

Selain udara yang sejuk, air di kawasan ini juga dingin.“Dengan diperbaikinya akses menuju Air Terjun Aek Martua, maka tidak lagi sejauh dulu,” ungkap Yusmar.

Sebutnya lagi, itu luar biasa. Karena sebut Yusmar, dirinya sudah membuktikan bahwa saat ini perjalanan menuju Air Terjun Aek Martua yang dulunya jauh sekarang semakin dekat. Waktu tempuh semakin pendek, setelah Pemkab Rohul membuka akses jalan ke Air Terjun Aek Martua, dan saat ini tahap perbaikan.

Camat Bangun Purba, Admiral Lubis juga mengatakan, pembangunan jalan ke Air Terjun Aek Martua dilakukan Pemkab Rohul untuk memudahkan wisatawan atau pengunjung.

"Anggapan masyarakat luar kan dulu untuk mencapai Aek Martua memerlukan waktu yang lama, dan sekarang menjadi singkat," jelas Admiral. (R11/Mcr)

Listrik Indonesia

#Jalan-jalan

Index

Berita Lainnya

Index