Tour de Singkarak, Ratusan Lapak di Kelok Sembilan Dibersihkan

Tour de Singkarak, Ratusan Lapak di Kelok Sembilan Dibersihkan
Pedagang kaki lima di kelok sembilan membersihkan dagangannya saat penertiban oleh Satpol PP Lima Pluh Kota menjelang Tour de Singkarak.

SARILAMAK (RIAUSKY.COM)- Anda yang biasa singgah di lapak-lapak pinggir jalan di sepanjang kelok Sembilan mungkin akan terheran-heran, kawasan wisata itu menjadi lapang.

Dalam beberapa hari ini, Pemkab Lima Pukul Kota melakukan pembersihan terhadap ratusan lapak pedagang kaki lima (PKL) di Kelok Sambilan, Harau, Limapuluh Kota.

Proses pembongkaran dilakukan tim gabungan sejak tiga hari terakhir. Pedagang berharap dapat mengelola hutan lindung untuk berjualan.

Pembongkaran lapak di Kelok Sambilan ini, dilakukan menyongsong bakal dihelatnya Tour de Singkarak (TdS) 2017 yang dalam waktu dekat melintasi kawasan tersebut.

“Jadi, Kelok Sambilan, kan bakal dilewati pebalap sepeda. Sejak tiga hari terakhir, seluruh lapak kita bongkar. Tadi sudah beres,” kata Kasat Pol PP Limapuluh Kota Nasriyanto, kepada Singgalang Jumat (17/11/2017) malam .

Nasriyanto menyebut, pembongkaran berjalan dengan lancar. Kendati sempat ada riak kecil, tapi tidak gaduh. “Lancar saja, bahkan, lapak yang sudah dibongkar bersama tim, itu kita bantu mengantar ke rumah warga,” urai Kasat Pol PP.

Tim gabungan yang membongkar lapak pedagang kaki lima di Kelok Sambilan, terdiri dari Sat Pol PP Sumbar, TNI, Polri dan digawangi Sat Pol PP Limapuluh Kota. “Operasi ini sudah tiga hari, intinya, pedagang siap dibersihkan (lapak,red),” kata Nasriyanto.

Pemkab kata dia, seperti dilaporkan singgalang, memastikan akan memfasilitasi pedagang untuk berdagang di lokasi baru.

Sementara itu, pasca lapak dagangannya dibongkar petugas gabungan, pedagang di Kelok Sembilan berencana akan menemui pihak Lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan serta instansi terkait.

Tujuannya, untuk dapat memanfaatkan kawasan hutan lindung agar dioperasionalkan menjadi kawasan berdagang.(*/R04)

Listrik Indonesia

#Sumbar

Index

Berita Lainnya

Index