PKPU HI Ajak Penerima Manfaat Bisnis Pupuk Organik Diskusi dengan Distributor

PKPU HI Ajak Penerima Manfaat Bisnis Pupuk Organik Diskusi dengan Distributor

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Ahad (19/11/2017), bertempat di sekretariat Ikatan keluarga Pemuda Pesisir Tanjung Rhu, PKPU Human Initiative Riau melaksanakan diskusi mengenai potensi berbisnis pupuk organik dan pentingnya pertanian organik bersama 10 penerima manfaat program pelatihan pengolahan eceng gondok menjadi pupuk. 

Narasumber yang dihadirkan dalam diskusi ini yakni Harfia Sesra, alumni kelompok Mahasiswa Peneliti Pengembang Bokashi (Kompos) Universitas Riau.

Dalam materi yang diberikan oleh narasumber banyak bercerita tentang pentingnya kita melaksanakan pentingnya pupuk organik dalam pelaksanaan pertanian yang organik. 
 
“sampah organik menjadi bahan baku pembuatan kompos dan pupuk cair, keduanya merupakan bahan dasar didunia budidaya tanaman, tanaman hias, sayur dan buah-buahan perkebunan. Bahannya adalah sampah organic dan bisa di daur ulang  menjadi pupuk lalu kita kembalikan ke dunia pertanian dan perkebunan” Ungkar Kak Fia.

Narasumber juga bercerita bagaimana pengalaman yang telah dialami sejak mengenal kompos dan akhirnya. 

Beliau saat berprofesi sebagai petani organik dan menjadi distributor pupuk organik.  

saat ini kesadaran masyarakat akan produk pertanian yang sehat semakin tinggi dan kebutuhan pupuk organik juga terus mengalami peningkatan.  Sementara penyedia pupuk organik secara  berkesenimbungan masih kurang.

Untuk itu peluang bisnis pengolahan eceng gondok menjadi pupuk organik sangat prospek jika dikembangkan dengan baik dan menjalin hubungan dengan mitra petani maupun kerjasama dengan instansi, toko pertanian ataupun konsumen pupuk organik.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan sosialiasi SOP produksi yang akan digunakan dalam pelatihan pengolahan eceng gondok menjadi pupuk. Tujuan sosialiasi ini adalah  agar setiap Penerima Manfaat menjalani program ini dengan baik.(*/R05)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index