Ini 5 Faktor Penyebab Lemahnya Ekonomi Riau 2016

Ini 5 Faktor Penyebab Lemahnya Ekonomi Riau 2016
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Resiko melemahnya ekonomi Riau kemungkinan besar masih terjadi di tahun depan. Bank Indonesia (BI) Kantor Cabang Wilayah Riau menyusun 5 faktor resiko yang akan menyebabkan ekonomi Riau sulit untuk 
 
Irwan Mulawarman, Deputi Kepala BI Wilayah Riau mengatakan, 5 faktor tersebut sangat mempengaruhi pergerakan ekonomi Riau di tahun berikutnya. Pertama, masih belum jelasnya Rencana Tata Ruang dan Wilayah atau RTRW Riau hingga saat ini. Kemudian, rendahnya serapan APBD terutama belanja modal.
 
Kondisi ini sudah terbukti membuat kondisi ekonomi Riau belum bangkit ditahun ini. "Yang tidak kalah penting, perlunya pengembangan sektor alternatif, selain sektor unggulan antara lain sektor pariwisata," jelas Irwan tentang faktor ketiga.
 
Selanjutnya, pemerintah Provinsi Riau perlu fokus melakukan pengembangan hilirisasi, untuk penambahan variabel pengelolaan sawit. Sebab, komoditi ini masuk dalam komoditi unggulan di Riau. "Dan yang terakhir, perbaiki infrastruktur jembatan, jalan, dan pelabuhan untuk meningkatkan kelancaran distribusi barang dan jasa," kata Irwan. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index