Jadi Tuan Rumah, 24 Tim Berlaga di International Youth Football Tournament bertajuk DCT China di Bangkinang-Kampar

Jumat,08 Desember 2017 | 09:27:49 WIB
Jadi Tuan Rumah, 24 Tim Berlaga di International Youth Football Tournament bertajuk DCT China di Bangkinang-Kampar
Ket Foto :

BANGKINANG (RIAUSKY.COM) - Lagi-lagi, Kabupaten Kampar mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggara kejuaraan bertaraf internasional.

Kali ini iven sepakbola International Youth Football Tournament bertajuk Dreams Come True (DCT) China (Mimpi Nyata Menuju Cina) Region VI pada 15-17 Desember 2017 bakal digelar di Stadion Tuanku Tambusai, Bangkinang yang diikuti 24 tim dari empat provinsi dari Regional VI.

Ketua Panitia Pelaksana iven ini Isthu Swandana didampingi Koordinator Wilayah (Korwil) Region VI Gandi Scudetto mengungkapkan, turnamen ini untuk mencari tim terbaik mewakili Region VI untuk mengikuti seri nasional di Blitar, Jawa Timur, 12-14 Januari 2017 mendatang.

Turnamen akan mempertandingan tim untuk kelahiran 2004/2003 atau usia dibawah 14 tahun (U-14).

Untuk diketahui, di Indonesia ada delapan Region yang menyelenggarakan iven yang sama. Pertandingan di tujuh region lainnya digelar di Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan dan Papua. 

Juara delapan region ini berhak mengikuti seri nasional. Selanjutnya juara seri nasional atau pemenang tingkat nasional berhak mewakili Indonesia di International Youth Football Tournamen di China, 16-22 April 2018 mendatang.

Adapun empat provinsi yang mengutus timnya pada turnamen di Region VI yang akan bermain di Stadion Tuanku Tambusai Bangkinang, 15-17 Desember nanti adalah Provinsi Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau dan Sumatera Utara.

Provinsi Riau mengikutsertakan 10 tim, Sumbar 9 tim, Kepri 2 tim dan  Sumut 3 tim.

Dari 10 tim dari Riau sebanyak enam tim berasal dari Kabupaten Kampar yaitu Merah Putih FC, Soccer School BFC Kampar, Porsit Muda Simalinyang, Flamboyan FC, Bangkinang City dan Bintang FC.

Babak pertama atau babak penyisihan menggunakan sistem setengah kompetisi. Sebanyak 24 tim yang berlaga di Region VI ini menurut rencana akan dibagi dalam 8 grup. Setiap grup terdiri dari tiga tim. Juara dan runner-up setiap grup maju kebabak kedua atau babak 16 besar.

Babak ini menggunakan sistem gugur untuk mencari 8 tim terbaik dibabak ketiga atau perempat final dan dilanjutkan semifinal serta final. Babak final akan digelar pada Minggu (17/12/2017).

Dia menyebutkan, Jum'at (15/12/2017) akan dilaksanakan screening pemain sekaligus technical meeting.
Selanjutnya Sabtu (16/12/2017) pukul 08.00 WIB akan dilakukan kick off. Menurut rencana kick off atau tendangan bola pertama akan dilakukan Gubernur Riau dan Bupati Kampar juga dihadiri pejabat serta tamu undangan lainnya. 

Disamping penyelenggaraan pertandingan, dalam kurun waktu tiga hari ini panitia juga menggelar kegiatan lain yakni coaching clinic dan berbagi motivasi dari mantan pelatih tim nasional Indonesia Nil Maizar, Direktur Teknik PSSI Pusat Danurwindo dan Pelatih PPLP Sepakbola Riau Miskardi.

Danurwindo akan memberikan motivasi kepada peserta pada Jum'at (15/12/2017).

Selanjutnya jegiatan coaching clinic bersama Nilmaizar yang dilakukan pada Sabtu (16/12/2017) malam yang diikuti seluruh pelatih peserta dan pelatih sepakbola se-Kabupaten Kampar digratiskan oleh Ketua Panitia Pelaksana Isthu Swandana.

Coaching clinic juga diberikan kepada seluruh pemain dalam iven ini serta pelajar Sekolah Dasar (SD) yang dipandu oleh Pelatih PPLP Sepakbola Riau Miskardi.

Terakhir, setelah final Region VI ini, Minggu (17/12/2017) akan dilakukan pertandingan eksebisi antara Forkopimda Kampar dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar di Stadion Tuanku Tambusai, Bangkinang.

Selama iven berlangsung, ada tim talent scouting untuk memantau pemain berbakat yang nantinya akan dibina lebih lanjut.

"Dengan adanya iven ini hendaknya bisa melahirkan bibit-bibit baru, bibit muda untuk Indonesia terutama dari Kampar," harap Isthu.

Isthu juga berjanji akan memberi beasiswa bagi pemain berbakat atau pemain yang bagus untuk masuk akademi sepakbola di Kampar.

"Setidaknya Kampar mempunyai bibit muda untuk mengikuti seleksi Timnas dari berbagai usia," kata Isthu seperti dimuat suarakampar.com.

Sementara itu Korwil Regional VI 14 To China Dream Come True Internasional Youth Football Turnament Gandi Scudetto menambahkan, iven yang diselenggarakan selama tiga hari di Kabupaten Kampar ini bisa mempromosikan Kampar ke daerah lain bahkan ke dunia internasional baik promosi pariwisata maupun promosi kuliner dan potensi lainnya.

"Kampar siap go internasional melalui sepakbola," pungkas Gandi. (R10/Sk)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS