Musim Hujan, Kasus DBD di Rohul Dipresiksi Bakal Meningkat

Musim Hujan, Kasus DBD di Rohul Dipresiksi Bakal Meningkat
ilustrasi (internet)
PASIRPENGARAIAN (RIAUSKY.COM)- Dinas Kesehatan Rohul, sudah mencatat 91 penderita DBD, di 16 kecamatan di Rohul hingga Oktober lalu. Jika dibandingkan tahun lalu,jumlah ini menurun yang mencapai 97 pada bulan yang sama.
 
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Rohul, Drg.Grefino Dahilrdy di Ruang kerjanya, Di Pasirpengaraian, Jumaat (20/11) sebagian besar kasus masih suspect. 
 
"Dari kasus yang terjadi, Kebanyakan baru Masih Suspect, karena mssih ada kemungkinan kasus itu, terindikasi penyakit lain seperti typus, yang ciri-cirinya sama dengn DBD" ujar Grefino. 
 
Meski menurun dibandingkan tahun 2014, Kepala Diskes Rohul, memprediksi angka kasus DBD akan terus  meningkat tajam seiring dengan tingginya intensitas hujan, serta banjir yang terjadi di sejumlah daerah di Rohul akhir-akhir ini. 
 
Untuk mengantisipasi itu, Dinas Kesehatan sudah Mengintensifkan Program Pembratasan Sarang Nyamuk (PSN) diseluruh Kecamatan, khususnya di daerah Rawan banjir. Menurut grefino, pihaknya sudah menginstruksikan 21 Puskesmas untuk mensosialisasikan program PSN ini, kepada masyarakat di wilayah kerjanya.
 
"Wilayah kerja puskesmas sudah kita instruksikan untuk memberi penyuluhan kepada  Menguras, membuang ban-ban bekas, yang bisa menjadi sarang nyamuk, serta menutup tempat penampungan air" jelasnya. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index