Selama Operasi Lilin 2017 di Dumai, 1 Gereja Dijaga 20 Personil Polisi

Selama Operasi Lilin 2017 di Dumai, 1 Gereja Dijaga 20 Personil Polisi
Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka Operasi Lilin 2017 Pengamanan Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

DUMAI (RIAUSKY.COM) - Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka Operasi Lilin 2017 Pengamanan Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 digelar Polres Dumai yang berlangsung di Gedung Citra Waspada, Senin (18/12).

Rapat yang dipimpin Wakapolres Dumai Kompol Dhana Ananda Syahputra dihadiri Wakil Walikota Dumai Eko Suharja serta unsur Forkopinda, seluruh Kapolsek, Kasat dilingkungan Polres Dumai, serta pengusaha pelayaran.

Dalam rapat tersebut dipaparkan sejumlah persiapan yang akan dilakukan Polres Dumai dalam pengamanan Perayaan Natal 2017 dan Tahun baru 2018 di Kota Dumai.

Menjawab wartawan terkait jumlah personil yang disiagakan dalam setiap gereja untuk pengamanan selama natal, Wakapolres Dumai Kompol Dhana Ananda Syahputra menjelaskan dilihat dari jumlah jemaatnya. 

Kalau jemaatnya dalam satu gereja mencapai ratusan orang, maka personil yang disiagakan selama ibadah Natal sekitar 20 orang. Sedangkan untuk tempat ibadah gereja yang jamaatnya sedikit hanya dijaga sekitar 5 personil.

"Selama pelaksanaan natal dan tahun baru, personil kepolisian disiagakan di 86 gereja yang ada di Kota Dumai. Terdiri dari, Kecamatan Dumai Timur sebanyak 28 gereja, Sungai Sembilan 20 gereja, Bukit Kapur 21 gereja, Dumai Kota sebanyak 2 gereja, Dumai Selatan 16 gereja," jelas waka.

Operasi lilin 2017 mulai berlaku dari 23 Desember dan berakhir 2 Januari 2018. Sedangkan untuk target pengamanan seperti tempat rekreasi, tempat ibadah, gudang, tempat perbelanjaan serta beberapa tempat lainnya. Kesemuanya itu dilakukan untuk memberikan rasa aman dalam menyambut natal dan tahun baru.

"Kita juga terus memantau akan jaringan teroris terutama di Dumai terdapat ada yang dicurigai dan kegiatannya terus dipantau,"kata mantan wakapolres Bengkalis ini. 

Personil yang diturunkan untuk pengamanan natal dan tahun baru yang ditempatkan disejumlah pos mencapai 241 personil yang terdiri dari beberapa satuan. 

Seperti Pos pengamanan natal di pelabuhan Pelindo, terminal AKAP dan pos pelayanan Roro,depan Ramayana dan simpang Perwira. 

Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo menyampaikan  antara aparatur Pemerintahan dengan Kepolisian dan TNI  harus bersinergi, harus beri aksebilitas seluasnya dari aparatur atas hingga bawah Sinergi bersama Tokoh Agama dan Masyarakat lainnya memberikan asksebilitas seluasnya akan hasilkan kolaborasi positif untuk pelaksanaan  operasi lilin. (R13)

Listrik Indonesia

#Dumai

Index

Berita Lainnya

Index