BRI Imam Munandar Prioritaskan Pemegang Kartu IUMK

BRI Imam Munandar Prioritaskan Pemegang Kartu IUMK

 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Meski Kota Pekanbaru digadang-gadang sebagai pusat industri dan perdagangan. Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) jusrtu mengeluhkan sulitnya mendapat permodalan. Terutama dari perbankan. 
 
Untuk itu Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru pun tak menyanggah hal tersebut. 
 
Ingot Ahmad Hutasuhut, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru mengatakan bahwa saat ini mereka telah membuat regulasi yang sangat strategis untuk mengatasi permasalahan ini.
 
"Yaitu Peraturan Walikota Pekanbaru nomor 96 tahun 2015 tentang pendelegasian kewenangan kepada Camat untuk mengeluarkan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)," katanya, Sabtu (21/11).
 
"Setelah mendapatkan IUMK pelaku usaha dapat meneruskan ke Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Imam Munandar untuk mendapatkan Kartu IUMK. Prosesnya sangat mudah dan cepat. Kartu tersebut juga berfungsi sebagai ATM dan berikut rekening BRI," jelas Ingot.
 
Maka pelaku usaha pemilik Kartu IUMK akan menjadi prioritas penerima dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).
 
Untuk itulah Ingot menghimbau agar para pelaku usaha segera mengurus perizinan dan mendapatkan IUMK. Sebab dengan memiliki kartu tersebut UMKM bisa mendapatkan berbagai kemudahan terutama akses permodalan dari perbankan. "Ini merupakan peluang yg potensial kalau kita bicara akses permodalan," kata Ingot.
 
Sebelumnya saat peluncuran IUMK, Sutarno, Pimpinan Wilayah BRI Pekanbaru,  telah menyiapkan kartu IUMK diperuntukkan kepada koperasi dan UMKM se Pekanbaru.
 
"Kita senang bisa ikut berkontribusi mempercepat akses dalam rangka permodalan. Kepada koperasi dan UMKM di Pekanbaru," kata Sutarno..
 
Sutarno berharap, dengan terbitnya kartu IUMK dari BRI bisa membuat koperasi dan pelaku usaha lebih produktif. Sesuai dengan program Walikota, menjadikan Pekanbaru Smart City di keuangan dan ekonomi bagus," katanya. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index