Tak Hanya Membantu Tugas BI, GenBI Riau juga Konsisten Lestarikan Lingkungan

Senin,01 Januari 2018 | 15:50:31 WIB
Tak Hanya Membantu Tugas BI, GenBI Riau juga Konsisten Lestarikan Lingkungan
Ket Foto : GenBI Riau

PEKANBARU (RIAUKSY.COM) - Apresiasi mesti diberikan kepada Generasi Baru Indonesia (GenBI) Provinsi Riau yang tidak hanya concern terhadap kegiatan edukasi yang meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai peran dan tugas Bank Indonesia. 

Namun disisi lain, GenBI Riau juga menjadi mitra Bank Indonesia yang sangat concern terhadap kegiatan sosial dan salah satunya kegiatan pelestarian lingkungan. 

"GenBI Riau menjadi salah satu komunitas Generasi Muda yang mengajak masyarakat secara massif khususnya generasi muda untuk bersama-sama mencintai lingkungan sebagai warisan generasi selanjutnya," ujar Rendi Pratama Putra, Wakil Ketua GenBI Riau, kemarin.

Sebelumnya, GenBI Riau telah berhasil melaksanakan kegiatan Kampanye Cinta Lingkungan dimana rangkaian kegiatan tersebut yaitu membersihkan sampah yang berserakan di Landmark Kota Pekanbaru, mendaur ulang sampah menjadi barang bernilai guna, melakukan penanaman 10.000 bibit pohon dan melaksanakan Kampanye Cinta Lingkungan di area CFD Kota Pekanbaru.  

Ditambahkannya, bahwa di bulan Desember 2017 ini seluruh GenBI se-Indonesia termasuk GenBI Riau melaksanakan kegiatan Bersih Indonesia secara serempak. 

Di Provinsi Riau, GenBI Riau melaksanakan 2 (dua) kegiatan besaran yaitu Tong Sampah Lestarikan Negeri dan Pendistribusian Air Bersih di Daerah Terpencil. 

Untuk kegiatan Tong Sampah Lestarikan Negeri telah dilaksanakan oleh GenBI Riau pada 24 Desember 2017 lalu di lantai dasar Mall Transmart Pekanbaru. 

Sementara untuk memberikan dampak yang lebih luas, GenBI Riau melaksanakan beberapa kegiatan yaitu dialog interaktif mengundang Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Wahana Lingkungan Indonesia Riau dan Bank Sampah Riau sebagai narasumber, lomba daur ulang sampah mengajak masyarakat dan pengunjung mall dan penyerahan bantuan 15 tong sampah di Ruang Terbuka Hijau (RTH), Taman Kota, Halte Busway, 5 (lima) sekolah di Kota Pekanbaru dan Mall Transmart Pekanbaru.

Kegiatan ini menurutnya mendapatkan respon yang positif khususnya dari Wakil Walikota Pekanbaru dimana beliau menyampaikan apresiasi kepada GenBI Riau sebagai generasi muda yang mau mecintai dan melestarikan lingkungan. 

Untuk kegiatan pendistribusian air bersih GenBI Riau mengambil lokasi di Dusun Sungai Bungo Desa Sialang Jaya Kabupaten Rokan Hulu. Daerah ini merupakan salah satu daerah terpencil di Provinsi Riau. Untuk sampai ke daerah ini membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam dari Kota Pekanbaru dan kondisi jalan menuju daerah tersebut merupakan jalan dengan kualitas yang jelek, hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua dan dibeberapa titik terdapat jalan dimana kiri dan kanan jalan tersebut merupakan jurang. 

GenBI Riau melihat bahwa air bersih menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat dan di daerah ini masyarakat belum memiliki akses air bersih di rumah masing-masing. 

Masyarakat harus mengambil air bersih di salah satu titik penampungan dengan jarak yang cukup jauh, kegiatan ini harus dilakukan oleh masyarakat setempat setiap hari. 

Mempertimbangkan hal tersebut, maka GenBI Riau berinisiatif untuk membangun saluran distribusi air sampai ke masing-masing rumah masyarakat dimana GenBI Riau membangun 44 titik penampungan air dimana 42 titik untuk masing-masing rumah tangga, 1 titik di penampungan sentral dan 1 titik di sekolah. . 

"Dengan adanya tempat penampungan air di masing-masing rumah akan memudahkan masyarakat untuk menikmati air bersih yang menjadi kebutuhan utama rumah tangga," terang Rendi. (*)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
#Bank Indonesia Index »
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS