SIMSALABIM...Tiga Kawasan Kumuh di Kota Dumai 'Disulap' Jadi Kampung Anime

SIMSALABIM...Tiga Kawasan Kumuh di Kota Dumai 'Disulap' Jadi Kampung Anime
Kampung Anime di Dumai

DUMAI (RIAUSKY.COM) - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Dumai membentuk tiga kawasan menjadi kampung anime dengan melibatkan masyarakat menata pemukiman kumuh.

Kepala Bidang Kawasan Pemukiman Dinas Perkim Dumai Muhammad Mufarizal mengatakan, tiga kawasan di Jalan Lepin Sukajadi Dumai Kota menjadi kampung anime kini kerap dijadikan lokasi selfie kawula muda tiap sore hari.

"Masyarakat kami berdayakan dalam program ini untuk menata kawasannnya sendiri, dan program ini tetap kita pantau," katanya pada pers, Jumat. 

Kawasan anime di Kelurahan Sukajadi merupakan satu dari 14 kelurahan yang terdapat kawasan kumuh, dan pemerintah berupaya menatanya dengan adanya pemberdayaan secara tematik sehingga menjadi menarik dan percontohan bagi daerah lain.

Dia berharap kawasan ini menjadi percontohan bagi daerah lain sehingga Dumai menjadi lebih indah dan menjadi motivasi bagi generasi muda untuk senantiasa kreatif.

Sementara, Ketua KSN 3 Lepin Sejahtera Sofhan Zulferi mengungkapkan untuk melukis di KSN 3 ini menurunkan tiga pelukis dan untuk pembangunan jalan, drainase serta melukis berbagai tokoh kartun tersebut memakan anggaran pemerintah mencapai sekitar Rp118 juta.

Kawasan anime berbentuk ada lukisan tokoh kartun di dinding rumah masyarakat, seperti Doraemon, Nobita, Mickey Mouse, Son Go Ku dalam Dragon Ball, Spongebob hingga tokoh kartun lokal dengan pakaian Melayu.

Lukisan ini mempercantik kawasan padat penduduk di kelurahan tersebut dengan sejumlah ornamen unik beragam warna juga membawa pengunjung pada suasana yang ceria.

Aneka warna cerah mewarnai jalanan dan dinding di kawasan Jalan Lepin 1, Jalan Lepin 2 dan Jalan Lepin 3 di Kelurahan Sukajadi. Mulai dari pesan untuk buang sampah pada tempatnya hingga menjalani hidup dengan penuh semangat.

Kawasan padat penduduk tersebut menjelma jadi Kampung Anime di Kota Dumai sejak akhir 2017 silam. 

"Adanya kampung ini adalah satu upaya pemberdayaan masyatakat dalam program kota tanpa kumuh di dumai," sebutnya. (R13/Mc)

Listrik Indonesia

#Berita Unik # serba serbi

Index

Berita Lainnya

Index