Apakah Anda Merasa Udara di Riau Lebih Dingin dari Biasanya?, Ini Penjelasan BMKG 

Apakah Anda Merasa Udara di Riau Lebih Dingin dari Biasanya?, Ini Penjelasan BMKG 
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Beberapa hari terakhir udara Riau, khususnya Pekanbaru, terasa sangat dingin, terlebih pada malam dan pagi hari. 

Kondisi ini tak seperti biasanya. Meski biasanya hujan kerap mengguyur Riau namun udara terasa tak sedingin sekarang ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika kepada mengatakan, suhu dingin ini disebabkan oleh belokan angin karena adanya tekanan rendah di perairan Kepulauan Riau.

"Sebenarnya kondisi ini memicu pertumbuhan awan hujan cukup bagus," ujar Slamet.

Namun, jelasnya, karena angin permukaan hingga 5000 feet cukup kencang maka pembentukan awan rendah sulit, namun awan menengah 2500 feet hingga awan tinggi 9000 feet cukup bagus atau tebal.

"Hal ini berdampak pada radiasi matahari tidak maksimal masuk sehingga udara menjadi dingin," jelas Slamet.

Menurutnya, kondisi ini tidak akan berlangsung lama. "Kemungkinan temporer saja. Dua hari kedepannya sudah berangsur normal lagi," pungkasnya.

Data dari BMKG, bahkan hari ini suhu Riau berada di angka 20.8-27.7 derajat celcius dengan Kelembapan udara 65 hingga 97 persen. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut sampai dengan Utara, dengan kecepatan 09 sampai 36 kilometer per jam. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index