Pertama untuk Ulama dari LAM Riau, Ustadz Abdul Somad Bakal Terima Gelar Datuk Seri Ulama Setia Negara

Pertama untuk Ulama dari LAM Riau, Ustadz Abdul Somad Bakal Terima Gelar Datuk Seri Ulama Setia Negara
Ustad Abdul Somad

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Ustadz Abdul Somad (UAS) akan mendapat penabalan gelar adat Datuk Seri Ulama Setia Negara dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau. Penabalan ini akan dilaksanakan pada 20 Februari 2017 mendatang.

Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau, Al Azhar mengatakan, bahwa gelar adat bagi UAS ini merupakan gelar adat pertama yang akan diberikan kepada seorang ulama. 

Yang mana, selama ini LAM Riau hanya memberikan gelar adat bagi kelompok-kelompok birokrat yang dianggap menaruh perhatian dan berdedikasi tinggi terhadap kebudayaan Melayu dan agama islam.

"Ini merupakan gelar adat pertama yang akan diberikan kepada seorang ulama dan ulama tersebut Ustadz Abdul Somad. Ia pantas menerima gelar adat ini karena telah berperan penting dalam menyiarkan agama islam dan memegang teguh adat-istiadat Melayu. Bahkan, ia sudah mendunia dan dikenal di mana-mana membawa nama baik Riau yang identik dengan nuansa agama islam," papar Al Azhar di Balai Adat LAMR, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Rabu (30/1/2018).

Hal yang senada pun diungkapkan oleh tokoh masyarakat Riau, Azlaini Agus yang menyakini bahwa penabalan gelar adat bagi ulama ini akan menjadi awal atas apresiasi LAM tidak hanya diberikan kepada kelompok birokrat saja tapi juga bagi ulama.

"Ini juga akan memicu generasi muda untuk menekuni dan bersemangat menjadi da'i. Sebab, Riau ini merupakan daerah yang menjunjung tinggi ajaran agama islam dan tunjuk ajar Melayu. Sebagaimana yang kami lihat, bahwa Ustaz Abdul Somad telah istiqomah menjadi ulama umat dan mengangkat harkat martabat masyarakat Riau," ungkap Azlaini Agus.

Untuk diketahui, keputusan untuk memberikan gelar adat terhadap Ustaz Abdul Somad ini telah melalui tahap perundingan di dalam internal LAMR selama tiga bulan. Perundingan tersebut dilakukan untuk memantapkan mengenai kelayakan dan gelar apa yang pantas untuk sang ustaz.

Kemudian, disepakatilah bahwa gelar adat yang akan diberikan yaitu Datuk Seri Ulama Setia Negara yang artinya ulama yang istiqomah menyiarkan agama islam dengan mengangkat harkat martabat Melayu dan setia terhadap negara. (R07/Mcr)

Listrik Indonesia

#Ustadz Abdul Somad

Index

Berita Lainnya

Index