PKPU HI Riau Datangkan Penyuluh Perikanan Perwakilan Pusat di Pekanbaru

PKPU HI Riau Datangkan Penyuluh Perikanan Perwakilan Pusat di Pekanbaru

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - PKPU Human Initiative cabang Riau melanjutkan tahapan Program Klaster Berdaya (Project Bangun Industri Daerah/BID) dengan mendatangkan tim penyuluhan perikanan dari pusat yang di tugaskan di dinas pertanian dan perikanan kota Pekanbaru.

Pada kesempatan tersebut Yeni dan Yulasri sebagai tim penyuluh bertemu dengan ketua RW 06 dan beberapa anggota kelompok usaha berkah bersama. Setelah berdiskusi sejenak dirumah Ketua RW, tim penyuluh dan anggota kelompok turun kelapangan untuk melakukan pengecekan pH air kolam, hal ini dilakukan apakah kolam tersebur layak untuk budidaya ikan atau tidak.

Setelah dilakukan pengecekan, Ibu Yulasri menjelaskan kepada anggota yang hadir bahwa pH air kolam yang akan dijadikan tempat budidaya ikan sesuai dengan pH standar untuk kolam yaitu 6-7. Dengan catatan kolam tersebut harus dikeringkan untuk diberi kapur dan atau pupuk kompos serta mengeluarkan ikan gabus yang ada dalam kolam agar tidak menjadi parasit.

Setelah kegiatan tadi berlangsung dengan lancar dan mengunjungi 3 dari 5 kolam yang ada. Kami bersepakat akan ada tindaklanjutnya dan dijadwalkanlah pertemuan minggu depan tanggal 21 Februari 2018 dirumah ketua RW, dengan pembahasan mengenai Edukasi dan peluang usaha perikanan bersama kelompok berkah bersama dan sebagai narasumber langsung dari tim penyuluh dinas pertanian dan perikanan tersebut.

Selain melakukan kegiatan diatas, fasilitator program BID, tim penyuluh, anggota kelompok serta ketua RW juga mengunjungi sumber air bersih hasil dari progam PKPU HI tahun 2015. 

Yulasri menyarankan agar tengki air bersih tersebut bisa dikelola secara baik dengan cara dibuat seperti depot air minum, karena airnya jernih, tidak berbau dan layak dikonsumsi kemudian dikelola langsung oleh warga setempat, agar dapat membuka lapangan pekerjaan dan menambah income warga. (Rls)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index