BI Riau Sosialisasikan Beasiswa untuk Perguruan Tinggi Negeri di Kampus UIN Suska, Ini Persyaratannya

BI Riau Sosialisasikan Beasiswa untuk Perguruan Tinggi Negeri di Kampus UIN Suska, Ini Persyaratannya
Murdianto saat menyampaikan materi kepada mahasiswa UIN Suska Riau

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Bank Indonesia mengadakan sosialisasi beasiswa Bank Indonesia tahun 2018 di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIN Suka Riau pada Kamis (15/02/2018).

Sosialisasi kali ini dihadiri oleh Murdianto selaku Manager Fungsi Komunikasi dan Koordinasi Kebijakan Bank Indonesia Riau serta didampingi oleh Bryan ALP selaku Asisten Manager Fungsi Komunikasi dan Koordinasi Kebijakan  Bank Indonesia Riau. 

Dalam sambutannya Murdianto mengatakan tujuan diadakannya sosialisasi besiswa Bank Indonesia ini, pihaknya ingin sharing.

"Kami ini ada untuk beredukasi dengan cara Bank Indonesia mengajar dan dengan adanya beasiswa Bank Indonesia ini dan Bank Indonesia tidak hanya peduli pada mikro perekonomian saja tetapi juga pada sektor pendidikan. Dengan sosialisasi ini lah kami menunjukkan bahwa kami ini ada terutama untuk dunia pendidikan," ujarnya.

Dalam menyampaikan tata cara proses pengurusan beasiswa Bank Indonesia ini Bryan menyampaikan manfaat dari beasiswa Bank Indonesia itu sendiri.

"Tidak hanya untuk membantu berupa biaya tetapi juga memberikan pembelajaran untuk mengembangkan karakter dengan cara kepedulian terhadap pendidikan,  kepedulian terhadap bidang lingkungan, dan juga melakukan edukasi serta memberi bantuan kepada orang yang kurang mampu," jelasnya.

Tidak hanya itu Bryan juga mengatakan program beasiswa Bank Indonesia ini di khususkan untuk Perguruan Tinggi Negri yang setiap universitas meloloskan 50 mahasiswanya dan setiap bulannya akan mendapatkan dana 1.000.000/bulan selama satu tahun. 

Tahap program pada pengurusan beasiswa kali ini dimulai pada Januari - Februari mulai dari sosialisasi dan pendaftaran dan dilakukan seleksi pada dua tahap yang pertama yaitu berkas administrasi yang dilakukan oleh pihak kampus dan tahap kedua yaitu wawancara dan yang terakhir adalah pengumuman.

Adapun Program studi yang bisa mengurus beasiswa Bank Indonesia ini adalah sebagai berikut: Program studi Ilmu ekonomi dan studi pembangunan,  Manajemen/Pendidikan Ekonomi Manajemen-Akuntansi/ Pendidikan Akuntansi,  Perbankan/ Ekonomi Syariah, Ekonomi Islam/ Ekonomi Syariah,  Matematika / Pendidikan Matematika, Statistik, Pertanian/Perternakan/Agribisnis/Holtikultura, Sosial Ekonomi Pertanian/Sosial Ekonomi Perikanan,  Ilmu hukum/ Hukum Ekonomi Syariah,  Ilmu Pemerintahan,  Ilmu sosial dan Ilmu politik,  Komunikasi/Ilmu Komunikasi,  Teknologi Informasi,  Sistem Informasi,  Ilmu Komputer/ Informatika.

Nah, Kriteria untuk dapat mendaftar menjadi penerima beasiswa dari BI ini, diantaranya yaitu mahasiswa aktif,  telah menyelesaikan minimal 40 SKS,  memiliki Indeks Prestasi (IP)  minimal 3.00 (skala 4), tidak sedang menerima beasiswa lain, usia maksimal 23 tahun pada saat menerima beasiswa, Selain dari syarat diatas Bank Indonesia juga mensyaratkan mahasiswa penerima beasiswa BI diutamakan berasal dari latar belakang ekonomi kurang mampu.

Untuk bisa diterima sebagai calon penerima beasiswa mahasiswa dituntut membuat motivation Letter (dalam bahasa Indonesia), Menyertakan surat rekomendasi dari 1 tokoh (akademik atau non akademik), Memiliki minat dan pengalaman menjalankan aktivitas social yang mempunyai dampak kebermanfaatan bagi masyarakat serta bersedia berperan aktif dalam komunitas penerima beasiswa BI (Generasi Baru Indonesia/GenBI) dan berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia. (Rls)

Penulis: Desi Fitri Myratna dan Kenti Asih Safitri, Asih Amalia, mahasiswi UIN Suska Riau

Listrik Indonesia

#Bank Indonesia

Index

Berita Lainnya

Index