SIAP-SIAP...Tiga Jalur Penerimaan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2018 Segera Dibuka

SIAP-SIAP...Tiga Jalur Penerimaan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2018 Segera Dibuka
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Para calon mahasiswa baru tahun 2018 harus bersiap karena tiga jalur penerimaan Perguruan Tinggi Negeri akan segera dibuka pendaftarannya. 

Tiga jalur tersebut yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur Tulis Mandiri. 

Jalur SNMPTN sendiri sudah dibuka pendaftarannya secara online pada hari ini, Rabu (21/02).

SNMPTN diselenggarakan di 85 PTN di seluruh Indonesia dan merupakan seleksi berdasarkan penelusuran prestasi akademik dan portofolio yang bersumber dari Pangkalan data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pendaftarannya sendiri gratis karena ditanggung oleh pemerintah. 

Sedangkan Jalur kedua yaitu SBMPTN adalah seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK) ataupun hasil ujian tulis dan keterampilan dengan biaya yang ditanggung oleh peserta. 

Dan yang terakhir jalur Tulis mandiri merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN dan tata cara pendaftarannya dapat dilihat di laman resmi masing-masing PTN.

Untuk Informasi lebih lanjut tentang SNMPTN dapat di akses di laman resmi http://www.snmptn.ac.id dan http://halo.snmptn.ac.id serta call center 0804-1450-450, sedangkan jalur SBMPTN di laman resmi http://sbmptn.ac.id dan http://halo.sbmptn.ac.id dan call center 0804-1456-456. (*)

Penulis: Herni Anggraeni, mahasiswa Ilmu Komunikasi konsentrasi Jurnalistik UIN Suska Riau

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index