Dibuka Plt Wako, DP2A Gelar Pelatihan Tenaga Puskesmas dan RS

Dibuka Plt Wako, DP2A Gelar Pelatihan Tenaga Puskesmas dan RS

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2A) Kota Pekanbaru, menggelar  Pelatihan Layanan Ramah Anak di Puskesmas dan Rumah Sakit (RS). Pelatihan ini dibuka Plt Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, SSi, Jumat (23/2) di Hotel Alfha.

Pelatihan ini dilakukan dalam upaya memenuhi hak anak atas kesehatan, maka perlu tenaga-tenaga kesehatan dilatih untuk melayani anak di Puskesmas dan Puskesmas yang ramah anak.

Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan terdepan yang menjalankan kewajiban negara dalam pembangunan kesehatan. Dalam perkembangannya sesuai dengan Permenkes nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas,

Pelayanan ramah anak yang dimaksud adalah upaya atau pelayanan yang dilakukan Puskesmas berdasarkan pendekatan pemenuhan hak asasi anak dengan 4 prinsip yaitu, non diskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, hak untuk hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan anak, serta penghargaan terhadap pendapat anak.

Plt Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi dalam sambutannya mengatakan,  dia Pemerintah berkewajiban menyediakan fasilitas dan menyelenggarakan upaya kesehatan yang komprehensif bagi anak agar memperoleh derajat kesehatan yang optimal sejak anak masih dalam kandungan. 

"Kebijakan pembangunan bagi anak Indonesia di bidang kesehatan mengacu pada kebijakan yang telah ditetapkan dalam rencana pembangunan kesehatan yang salah satunya meliputi peningkatan kesehatan lingkungan dalam rangka mewujudkan lingkungan sehat bagi anak Indonesia dan peningkatan mutu dan keterjangkauan pelayanan kesehatan bagi anak,"  papar Ayat Cahyadi. 

Ayat berharap kepada seluruh pihak agar dengan terlaksananya kegiatan ini dapat memberikan kesamaan persepsi tentang Puskesmas dengan pelayanan ramah anak, dan rujukan untuk mengembangkan puskesmas menjadi Puskesmas dengan pelayanan ramah anak serta memberikan pemahaman tentang langkah-langkah mengembangkan puskesmas dengan pelayanan ramah anak.

Sementara itu, Kepala DP2A Pekanbaru, Mayuddin selaku Ketua Panitia  kegiatan mengatakan, kegiatan pelatihan ini diikuti oleh lebih kurang 100 orang peserta yang terdiri dari perwakilan Puskesmas se Kota Pekanbaru, perwakilan dari rumah sakit, Forum Anak Pekanbaru,  perwakilan Dinas kesehatan kab/kota, perwakilan DP2A

Narasumber pada pelatihan ini dari Kepala DP2A, Mahyuddin, Plt Kadiskes, Zaini Rizaldi, Wakil Ketu Tim Gugus Tugas KLA, Rosmawati dan Perwakilan dari Puskesmas, dr Indah. (R05/Kominfo)

Listrik Indonesia

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index