DLH Bengkalis Gelar Gerakan Bersih-bersih Sampah

Minggu,25 Februari 2018 | 18:53:47 WIB
DLH Bengkalis Gelar Gerakan Bersih-bersih Sampah
Ket Foto :

BENGKALIS (RIAUSKY.COM) - Menindaklanjuti Instruksi Menteri  Lingkungan Hidup dan Kehutan, yang diteruskan Bupati Bengkalis lewat Surat Edaran, tentang Kerja Bersama untuk Penanganan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama warga lingkungan satu Parit Bangkung melakukan Gerakan Bersih-bersih sampah, Minggu, 24 Februari 2018.

Kegiatan ini bersamaan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2018. Sebelumnya gerakan yang sama telah dilakukan DLH di Pantai Indah Selatbaru bersama masyarakat Kecamatan Bantan.

Kepala DLH Kabupaten Bengkalis, Arman AA yang turut bersama masyarakat Parit Bangkung mengatakan, gerakan ini akan dilangsungkan selama tiga bulan, mulai 21 Januari sampai 21 April mendatang.

“Ini adalah upaya bagaimana masyarakat kita sadar akan budaya bersih dari sampah, imbasnya jika lingkungan bersih saat hujan turun airnya akan lacar mengalir ke laut, kemudian memutus mata rantai penyebaran penyakit yang diakibatkan lingkungan,” papar Arman.

Lingkungan satu Parit Bangkung ini, sengaja dipilih menjadi tempat kedua setelah Pantai Selatbaru, Sambungnya, karena  jumlah permukiman di Parit bangkung cukup padat, dan berdekatan dengan laut.

“Jadi kita coba membantu masyarakat untuk membersihkan baik itu pelastik maupun sampah-sampah lainnya, dan kami berharap kegiatan yang kami lakukan ini bukan hanya sekedar tiga bulan tetapi diteruskan oleh masyarakat di Kabupaten Bengkalis sehingga kegiatan bersih-bersih ini menjadi budaya,” harapnya.

Gerakan ini diberi Jargon Bersih-Bersih SUAI (Sampah Untuk Amal Ibadah), salah satu tujuannya memberikan stimulus untuk menyadarkan masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya.

Ketua RT 03, RW  1 Kelurahan Damon, Dukhri, menyambut baik kegiatan ini, seraya mengatakan akan menindaklanjutinya dengan melakukan gerakan bersih-bersih secara berkesinambungan.

“Saya selaku RT, mengucapkan ribuan terima kasih atas kehadiran DLH,  ini akan menjadi satu pengangan kepada saya untuk menjadi pedoman dihari-hari yang akan datang, Alhamdulillah hari ini warga sangat antusias. Bersama pihak kelurahan kami akan selalu menghimbau masyarakat untuk membuang sampah ke tong-tong yang telah disiapkan,”pungkasnya. (R14)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS