Dinilai Peduli dengan Warga Mandailing, Cagubri Firdaus Dianugerahi Marga Nasution

Dinilai Peduli dengan Warga Mandailing, Cagubri Firdaus Dianugerahi Marga Nasution
Prosesi adat Napituhuta yang dilaksanakan di Bagas Godang Dalian Natolu Tangun Kecamatan Bangun Purba, Rokan Hulu

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Di sela-sela kampanyenya di Rokan Hulu, Calon Gubernur DR H Firdaus MT, Ahad (25/2/2018) siang dianugerahi marga Nasution. 

Acara pengaugerahan berlangsung dalam prosesi adat Napituhuta yang dilaksanakan di Bagas Godang Dalian Natolu Tangun Kecamatan Bangun Purba, Rokan Hulu, usai shalat dzuhur.

Ketua Panitia Acara Penabalan Marga Ramlan Lubis memaparkan, prosesi diawali dengan sidang adat yang dilakukan di rumah orang tua angkat DR H Firdaus. Sidang adat diikuti oleh seluruh Pucuk Suku Napituhuta (7 kampung).

Napituhuta masing-masingnya terdiri daru Pucuk Suku Khaiti, Pucuk Suku Sialang, Pucuk Suku Menaming, Pucuk Suku Pawan, Pucuk Suku Batang Samu, Pucuk Suku Tanjung Berani dan Pucuk Suku Janji Raja.

Usai sidang adat, DR H Firdaus diarak menuju Bagas Godang untuk melakukan prosesi upah-upah dan pengumuman penyerahan marga dihadapan seluruh warga. Ini dipimpin langsung oleh Ketua Kerapatan Adat Tangun sekaligus Pucuk Adat Napituhuta, Bangun Nasution Sutan Silindung. 

"Anak kemanakan kita, DR H Firdaus, ST, MT kita beri Marga Nasution dan istrinya Hj Asmita Firdaus Boru Lubis," tegas Bangun Nasution Sutan Silindung dihadapan ratusan Keluarga Besar Napituhuta.

Adapun yang melatarbelakangi pemberian marga yakni setelah melihat kepemimpinan serta kepribadian DR H Firdaus, ST, MT selama ini. Apalagi perhatian yang diberikan selama ini kepada masyarakat Mandailing juga layak diapresiasi.

"Pemberian marga untuk anak kemanakan kami itu sudah lama direncanakan. Perhatiannya terhadap orang Mandailing cukup tinggi. Selain itu orangnya santun dan baik Budi," ungkap Ramlan Lubis diamini oleh sejumlah pucuk suku lainnya.

DR H Firdaus, ST, MT dihadapan para Ninik mamak dan pucuk adat, para Mursyid, Tokoh Masyarakat dan undangan mengaku terharu atas penganugerahan marga itu. 

"Ini jadi kebanggaan, pemberian marga tentunya menyangkut kepercayaan. Konsekwensinya, saya juga harus bisa menjaga nama baik marga ini. InsyaAllah, kepercayaan ini akan saya jaga," sebut Firdaus.

Prosesi pemberian marga ditutup dengan lantunan doa serta foto bersama. Menjelang Ashar, rombongan Firdaus bertolak ke Tambusai untuk melanjutkan kegiatan kampanye. (Rls)

Listrik Indonesia

#PILGUBRI 2018

Index

Berita Lainnya

Index