Karhutla Bisa Diatasi, Edwar Sanger Optimis Pertahankan Riau Bebas Asap

Karhutla Bisa Diatasi, Edwar Sanger Optimis Pertahankan Riau Bebas Asap
Edwar Sanger

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau klaim titik api yang mengancam terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dapat teratasi denga baik. 

Salah satunya di daerah rawan Karhutla yang saat ini sudah mulai menghilang dan kembali normal.

Hal tersebut disampaikan langsung Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, dikatakannya jika sesuai laporan dari BMKG Riau hari ini hanya tiga titik api yang terpantau yaitu dua di Kabupaten Siak dan satu di Kabupaten Bengkalis yang sudah berhasil ditangani lansung oleh tim Karhutla dilapangan.

"Alhamdulilah, semuanya bisa teratasi dan saat ini tinggal pendinginan," kata Edwar Sanger di Pekanbaru, Senin (26/2/2018) di ruangan kerjanya.

Selain tim Satgas Karhutla, baik dari Manggala Agni, TNI-Polri dan BPBD di daerah, penanggulangan titik api tersebut, ia juga dibantu perusahaan Sinar Mas Group dengan melakukan water bombing yang secara keseluruhan titik api bisa teratasi sesuai harapan dalam pencegahan.

"Yang pasti kita banyak berterima kasih kepada seluruh tim Satgas Karhutla yang telah bekerja keras dalam mengatasi titik api ini, karena jika bukan karena mereka Riau tidak akan mungkin bisa bebas asap seperti saat ini, begitu juga dengan perusahaan yang telah membantu Satgas yang diharapkan kerjasama ini bisa terus terjalin kedepannya untuk mempertahankan Riau tetap bebas dari Karhutla dan bebas asap," katanya.

Kendati titik api yang sebelumnya mengancam Riau itu bisa teratasi, ia mengaku seluruh Satgas maupun tim Karhutla dari berbagai daerah tetap siaga slama 24 jam di masing-masing daerah, terutama daerah rawan Karhutla yang siap terjun lansung saat mendapat informasi adanya muncul titik api.

"Tim ini terus siaga dan siap terjun kapan saja, maka itu tim ini dinamakan tim 247 yang artinya siaga 24 jam dan 7 hari sampai penanganan betul-betul maksimal. Yang pasti sesuai tahun-tahun sebelumnya untuk 2018 ini kita optimis mempertahankan Riau tetap bebas Karhutla dan kabut asap seperti semula," tutur mantan Pj Walikota Pekanbaru ini. (R07/Mc)

Listrik Indonesia

#Karhutla

Index

Berita Lainnya

Index