Ada Kompetisi 'Yuk Nabung Saham', BEI Sasar Peningkatan Investor Riau

Ada Kompetisi 'Yuk Nabung Saham', BEI Sasar Peningkatan Investor Riau

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Cabang Pekanbaru menargetkan ada peningkatan investor baru di Riau pada moment Kompetisi "Yuk Nabung Saham" 2018 yang diluncurkan secara nasional bersama Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Sabtu di Jakarta.

"Tahun ini kita berharap investor baru tumbuh lebih besar di Riau ketimbang tahun lalu," kata Kepala Cabang BEI Pekanbaru Emon Sulaeman di Pekanbaru, seperti diberitakan Antara, Minggu (4/3).

Menurut Emon hari pertama diluncurkannya kembali program Kompetisi "Yuk Nabung Saham" 2018 di Jakarta, animo para investor muda Pekanbaru cukup bagus. Mereka pro aktif menanyakan prosedur dan persyaratannya.

"Investor responnya positif tapi saya belum cek yang sudah daftar ada berapa orang, " ujar Emon.

Emon bahkan yakin tahun ini peminatnya dari Riau khususnya Pekanbaru meningkat tahun 2018.

Ia membandingkan saat program itu pertama kali di tawarkan tahun lalu Riau mencatat pertambahan investor baru lewat ajang Kompetisi "Yuk Nabung Saham" sekitar 300an orang.

"Tahun lalu yang ikut 300 peserta, " imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan Bursa Efek Indonesia bersama Kustodian Sentral Efek Indonesia kembali meluncurkan Kompetisi "Yuk Nabung Saham" 2018.

Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia Oskar Herliansyah menjelaskan kompetisi ini adalah kelanjutan dari program yang telah dilaksanakan di tahun lalu untuk mendukung kampanye "Yuk Nabung Saham" yang telah dicanangkan BEI sejak 12 November 2015.

Peluncuran Kompetisi "Yuk Nabung Saham" 2018 juga dilakukan sebagai upaya untuk terus mengaktifkan investor dari 334 Galeri Investasi BEI serta memotivasi investor yang telah lulus dari program Sekolah Pasar Modal yang diadakan di seluruh wilayah Kantor Perwakilan BEI.

"Tujuan lain dari peluncuran Kompetisi Yuk Nabung Saham 2018 ini adalah untuk memberi apresiasi kepada Galeri Investasi BEI dalam mendukung kampanye Yuk Nabung Saham," ujar Oskar Herliansyah .

Seperti penyelenggaraan tahun sebelumnya, Kompetisi Yuk Nabung Saham 2018 ini diikuti oleh investor yang bertransaksi dengan dana milik masing-masing investor itu sendiri atau dana riil, dan bukan dana simulasi.

Oleh karena itu kompetisi ini diharapkan dapat menstimulasi kegiatan edukasi yang disosialisasikan BEI sebelumnya yang berorientasi pada pengalaman nyata dalam bertransaksi saham, dan lebih jauh lagi akan merangsang peserta untuk mempraktikkan kedisiplinan menabung saham.

Pada tahun 2018 ini, Kompetisi Yuk Nabung Saham menargetkan sekurang-kurangnya akan melibatkan 4.000 investor yang aktif bertransaksi dari alumni Sekolah Pasar Modal dan sekurang-kurangnya 200 Galeri Investasi.

Kompetisi ini juga akan mengoptimalkan promosi melalui media sosial peserta sehingga dapat tercipta euforia menabung saham yang tidak hanya akan meningkatkan jumlah investor, tetapi juga menambah jumlah investor aktif di BEI, serta mendorong peningkatan inklusi pasar modal.

Mulai tahun ini, Kompetisi "Yuk Nabung Saham" 2018 diselenggarakan untuk dua kategori investor. Pertama, adalah investor kategori Galeri Investasi, wilayah Kantor Perwakilan, yakni investor yang berasal dari seluruh Galeri Investasi BEI.

Kedua, adalah investor kategori Umum, Nasional, yakni investor alumni Sekolah Pasar Modal baik Reguler maupun Non Reguler dari seluruh Indonesia.

Registrasi dari setiap peserta yang mengikuti Kompetisi Yuk Nabung Saham 2018 menggunakan akun Facebook atau Twitter pribadi.

Setiap peserta secara rutin melaporkan transaksi sahamnya ke dalam aplikasi Kompetisi Yuk Nabung Saham.

Pada seleksi tahap pertama, aplikasi akan menghitung tingkat pengembalian hasil (return of investment/ROI), diversifikasi portofolio saham, dan mengukur kedisiplinan peserta bertransaksi untuk menentukan peringkat peserta.

Setiap berakhirnya periode tiga bulanan, seleksi tahap kedua dilakukan dan peserta-peserta dengan rangking tertinggi dinilai analisanya oleh juri untuk menentukan pemenang dari Kompetisi Yuk Nabung Saham 2018.

Periode dari Kompetisi Yuk Nabung Saham 2018 adalah 9 bulan yang dimulai dari Maret hingga November 2018, dengan rincian periode pertama pada Maret hingga Mei 2018, periode kedua pada Juni hingga Agustus 2018, dan periode ketiga antara September hingga November 2018.

Sama seperti tahun sebelumnya, kompetisi ini menawarkan berbagai hadiah menarik bernilai total ratusan juga Rupiah untuk pemenang periode 3 bulanan dan periode 9 bulan.

Sebagai informasi, program Kompetisi "Yuk Nabung Saham" 2017 berlangsung dari bulan Maret hingga November tahun lalu dan melibatkan 144 Galeri Investasi BEI, 3.558 investor dan 2.265 investor yang aktif bertransaksi. Nilai transaksi pada Kompetisi Yuk Nabung Saham 2017 mencapai Rp8,22 miliar dari 30.730 transaksi. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index