Belanja Iklan Pemda Ratusan Miliar

Pemprov Riau dan Kaltim Paling Royal

Pemprov Riau dan Kaltim Paling Royal
Ilustrasi

 

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Lembaga survey Nielsen mengungkapkan fakta yang cukup mengejutkan. Belanja iklan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Kalimatan Timur masuk ke dalam 10 besar pengiklan di Indonesia.
 
“Belanja iklan yang terbesar di kuartal III-2015 berasal dari pemerintah dan partai politik. Besar belanja iklannya lebih banyak di koran, yakni 77%,” kata Direktur Media Nielsen Hellen Katherin belum lama ini seperti dimuat Kontan.
 
“Lalu sebanyak 56% belanja iklan pemerintah berasal dari pemerintah daerah, bukan pemerintah pusat,” imbuhnya.
 
Selama tiga bulan, dari Juli hingga September 2015, belanja iklan Pemprov Kalimantan Timur menduduki peringkat ke-7 terbesar di Indonesia. Nilai belanja iklan yang digelontorkan mencapai Rp 404,9 miliar. Besar belanja iklan ini naik 79% dibanding 2014.
 
Pada periode yang sama, Pemprov Riau menempati posisi ke-10 belanja terbesar nasional. Pemerintah Riau mengeluarkan anggaran belanja iklan sebesar Rp 355,5 miliar. Anggaran ini naik 7% dari periode yang sama tahun lalu.
 
Berdasarkan pengamatan AC Nielsen, konten yang menjadi isi iklan kedua pemerintah daerah tersebut menunjukkan perkembangan kinerja pemerintah. “Kami pikir isinya iklan pemilihan kepala daerah (Pilkada), tapi ternyata bukan,” papar Hellen. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index