Kembangkan Potensi Pariwisata Rohul, Disparbud Libatkan Pelajar dan Mahasiswa

Kembangkan Potensi Pariwisata Rohul, Disparbud Libatkan Pelajar dan Mahasiswa

PASIRPENGARAIAN (RIAUSKY.COM) -  ‎Pasca kegiatan Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) Universitas Pasir Pangaraian (UPP) di Desa Koto Ranah, Kecamatan Kabun yang berlangsung sukses,‎ Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kembali susun program dengan melibatkan pelajar dan mahasiswa.

Sesuai program, mulai Maret 2018, Disparbud Rohul akan gelar program mendukung pengembangan pariwisata dan budaya Rohul. Nantinya, melibatkan keikutsertaan dan peran aktif generasi muda, khususnya pelajar SMP dan SMA, serta kalangan mahasiswa dari seluruh kampus yang ada di Kabupaten Rohul.

Dikatakan Kepala Disparbud Rohul Drs. Yusmar M.Si berharap, program itu dapat dipelopori para mahasiswa sebagai kaum intlektual muda yang berada pada kondisi pemikiran yang masih jernih dan tajam, tenaganya yang masih kuat dan tegar, dan semangat mereka yang masih tinggi dan membara.

Jelas Yusmar, program itu akan dilaksanakan bekerjasama melalaui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)‎ dari seluruh kampus yang ada di Kabupaten Rohul, dan diharapkan didukung penuh oleh Rektor Kampus.Kemudian, sebagai wadah dan penampung kawula muda harapan bangsa, Disparbud Rohul sudah punya GenPi (generasi pesona Indonesia) dan Pokdarwis (kelompok sadarwisata).

“Nantinya, mahasiswa dan generasi muda diharapkan mempunyai kreativitas dan terobosan serta ide brilian dalam mengembangkan pariwisata dan membangkitkan kebudayaan Rokan Hulu  melalui lembaga ini," harap Yusmar.

Kemudian sambung Yusmar, mahasiswa dan kaula muda akan diberikan pembagian di objek dan destinasi yang ada di Rohul. Sehingga, binaan dan pembagian mereka di bawah koordinasi Genpi dan Pokdarwis dapat bersaing, saling berkreasi dan berinovasi, dalam memajukan masing-masing objek yang ada untuk dijual kepada wisatawan.

"Berharap, dengan adanya kreasi dan inovasi, maka mereka dapat memajukan dan mengembangkan pariwisata dan mengundang wisatawan untuk datang ke Rohul ini," katanya.

Yusmar berharap, program itu nantinya dapat memberikan pendapatan bagi mahasiswa dan kawula muda, meski mereka sedang melaksanakan pendidikan. Pendapatan juga dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar, sekaligus ikut serta dan berkontribusi nyata di tengah masyarakat, dan pembangunan di Kabupaten Rohul.Melalui wadah dan aktivitas tersebut, ungkap Yusmar, tentunya bakat dan minat para mahasiswa dapat tersalurkan sekaligus menghasilkan serta bermanfaat. (R11/Mcr)

Listrik Indonesia

#Rokan Hulu

Index

Berita Lainnya

Index