Telkiosk Hadir, Warga Pekanbaru Bisa Nikmati Wifi Gratis dan Transaksi Non Tunai di Jalanan Kota

Telkiosk Hadir, Warga Pekanbaru Bisa Nikmati Wifi Gratis dan Transaksi Non Tunai di Jalanan Kota

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kota Pekanbaru terus melakukan terobosan dalam peningkatan fasilitas dan infrastruktur penunjang untuk mewujudkan program Smart City yang dicanangkan Pemerintah.Salah satunya adalah dengan hadirnya telkiosk, sebuah alat multifungsi yang kini mulai di pasang di jalan protokol kota Pekanbaru.

Ya, kotak besar setinggi tiga meter dan lebar satu meter itu memiliki beberapa fungsi layanan kepada masyarakat. Mulai dari wifi gratis, hingga layanan transaksi non tunai (pembayaran tagihan listrik, pulsa elektronik, pajak dan sebagainya).

Tak hanya itu, telkiosk yang kini sudah dipasang di pedestrian jalan Sudirman tepatnya disekitaran Mall Pekanbaru tersebut juga memiliki fungsi sebagai emergency call gratis seperti panggilan kepolisian, ambulance, pemadam kebakaran dan panggilan taksi serta media sosialisasi baik komersial maupun non komersial.

Telkiosk merupakan produk yang dibangun PT Sidmunds Riau Berjaya dengan anggaran perunitnya mencapai Rp200 juta.

Direktur PT. Sidmunds, Adhi Al Noah saat dikonfirmasi mengatakan untuk saat ini pemasangan Telkiosk baru dibangun di satu titik di Jalan Sudirman. Tapi, sepanjang tahun ini akan ada 50 Telkiosk yang dibangun di Pekanbaru.

"Tahap awal kami baru pasang 1 alat. Tapi dalam waktu dua bulan akan kami pasang lagi 4 alat dengan total 5 Telkiosk yang dipasang di sepanjang Jalan Sudirman," kata Adhi, Senin (5/3/2018).

Dikatakan Adhi, Telkiosk tersebut akan dipasang mayoritas disepanjang Jalan Sudirman. Namun, sebelum Telkiosk difungsikan pihaknya akan segera melengkapi fitur-fitur canggih yang nantinya bisa dinikmati oleh masyarakat Pekanbaru.

"Sekarang alat tersebut masih belum kami fungsikan. Tapi, dalam waktu dua bulan ini Telkiosk sudah bisa digunakan dan dinikmati masyarakat Pekanbaru," ujarnya.

Adhi menambahkan pemasangan Telkiosk di Pekanbaru juga wujud mendukung program Smartcity Pemerintah Kota Pekanbaru. Untuk itu, masyarakat bisa menikmati wifi gratis dengan radius 50 Meter.

"Dengan begitu, masyarakat Pekanbaru tidak perlu takut paket internet habis. Dalam kesempatan ini, kami juga mengimbau masyarakat Pekanbaru ikut menjaga alat komunikasi milik publik,"harapnya. (R05/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index