Jadi Sorotan Kemendagri

DAHSYAT....Belanja Puluhan Ribu ASN di Riau Hanya Beda Rp30 Miliar dari 65 Orang Anggota DPRD Riau

DAHSYAT....Belanja Puluhan Ribu ASN di Riau Hanya Beda Rp30 Miliar dari 65 Orang Anggota DPRD Riau
Gedung DPRD Riau.Foto: Internet

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi mengakui hampir semua sektor di OPD Pemerintah Provinsi Riau dilakukan efisiensi anggaran.

Termasuk untuk dukungan infrastruktur di Riau dan bahkan jalan dan jembatan.

Namun dibalik penghematan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Riau, tidak sejalan dengan yang dilakukan Dewan, ini terlihat dari biaya perjalanan Dinas Dewan untuk tahun ini juga masih tinggi dan bahkan dinilai mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Padahal anggaran yang digelontorkan untuk Dewan sendiri sudah besar, apalagi dengan sudah diterapkannya aturan untuk menerapkan tunjangan transportasi Dewan yang baru.

Namun untuk anggaran di DPRD Riau, Sekdaprov sendiri mengakui tidak bisa jauh mengomentari karena Dewan juga memiliki hak dalam penyusunan anggaran.

Meskipun anggaran biaya perjalanan dinas Dewan ini masih dianggap boros dan porsi anggarannya terbesar bila dibandingkan Provinsi lain di Sumatra.

Menurut Ahmad Hijazi sebelumnya memang menjadi catatan bagi Kemendagri untuk angka perjalanan Dinas tersebut, namun sebagai Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Ia tidak bisa menanggapi dan membuat kebijakan soal anggaran perjalanan Dinas Dewan itu.

Seperti penjelasannya kepada tribun Pekanbaru, "Memang ada arahan Rasionalisasi, ini soal kesadaran dan niat, maka silahkan konfirmasi ke Dewan, "ujar Sekda.

Sekda mengaku dalam penyusunan anggaran juga ada hak Dewan disana, sehingga Eksekutif tidak bisa melakukan intervensi ke Dewan.

"Ini bukan deal-deal untuk Pengesahan APBD, makanya bagusnya tanyakan ke Dewan," ujar Sekda.

Sebagaimana diketahui berdasarkan catatan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau, meskipun tahun 2018 anggaran perjalanan dinas provinsi Riau menurun, namun anggaran perjalanan dinas DPRD Riau justru meningkat 3% dibandingkan tahun 2017 lalu.

Tahun ini di Sekretariat DPRD anggaran perjalanan dinas sebesar Rp197,3 Miliar, sementara tahun 2017 sebesar Rp191,6 Miliar. Pengurangan biaya perjalanan terjadi untuk SKPD selain DPRD 2017 sebesar Rp321 Milyar menjadi Rp228 miliar tahun ini.(R04)

Listrik Indonesia

#DPRD Riau

Index

Berita Lainnya

Index