Rupiah Melemah, BI Riau Harapkan Inflasi Tetap Terjaga

Rupiah Melemah, BI Riau Harapkan Inflasi Tetap Terjaga
Kepala BI Riau, Siti Astiyah

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Terkait pelemahan nilai tukar rupiah, Bank Indonesia (BI) Riau menegaskan kalau hal ini lebih disebabkan oleh faktor eksternal.

Kepala BI Riau, Siti Astiyah, menyebut pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan disebabkan karena pasar keuangan global yang tengah bergejolak. 

Gejolak pasar uang global tersebut bahkan menyebabkan nilai tukar rupiah melemah hingga ke level Rp13.800 lebih per dolar AS.

BI sendiri telah melakukan evaluasi terhadap hal ini dan dampaknya dampaknya terhadap pasar keuangan domestik dan nilai tukar. Ia pun berharap hal ini nantinya tidak akan berlangsung lama.

"Tentu akan ada dampaknya, tapi kita yakin ini tidak akan berlangsung lama, BI pusat juga sudah melakukan berbagai upaya mengatasi hal ini," katanya.

Ditambahkannya, khusus di daerah memang tidak ada yang bisa dilakukan karena memang ini penyebabnya bersifat eksternal, namun demikian BI tetap melakukan langkah-langkah bagaimana menjaga stabilitas ekonomi dan juga tingkat inflasi di Riau khususnya.

"Makanya kita berusaha agar tingkat inflasi bisa stabil dan tidak ada gejolak ekonomi," ujarnya.

Salah satunya terkait soal distribusi dan harga pangan di daerah, BI Riau terus koordinasi dengan pihak-pihak terkait bagaimana menjaga pasokan dan distribusi pangan bisa tetap lancar dan harga tetap stabil. (*)

Listrik Indonesia

#Bank Indonesia

Index

Berita Lainnya

Index