Tolak Impor Beras, Himagrotek UIR Gelar Talkshow 'Impor Beras Bukan Solusi'

Tolak Impor Beras, Himagrotek UIR Gelar Talkshow 'Impor Beras Bukan Solusi'
Suasana pelaksanaan talkshow.
PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Himpunan Mahasiswa Agroteknologi Universitas Islam Negeri (HIMAGROTEK UIR)  menggelar talkshow di Aula Fakultas Pertanian, Kamis (8/3/2018).
 
Kegiatan tersebut mengambil  tema Impor Beras Bukan Solusi.
 
Kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk  talkshow ini ditaja sebagai bentuk penolakan terhadap kebijakan impor karena merugikan petani.
 
"Impor beras bukan solusi, ini membuat petani merugi, adanya pihak mafia atau oknum tertentu yang membuat kita mengimpor beras," ujar DPW serikat Petani Indonesia Juliyadi.
 
Acara ini dilaksanakan karena keingin tahuan masyarakat khususnya mahasiswa Fakultas Pertanian UIR alasan kenapa dilakukannya impor beras sedangkan indonesia merupakan negara yang Agraris.
 
Peraturan Mentri Perdagangan No 1 th 2018,tentang kebijakan ekspor dan impor beras untuk menjaga ketersediaan beras, lonjakan harga dan inflasi.
 
Awal februari, dilakukan pertemuan guna membahas persediaan beras setiap daerah, untuk itu setiap daerah melaporkan kesediaan berasnya masing-masing. Apabila kekurangan maka akan dipasok dari daerah yang mempunyai stock beras," tutur Yulwiriati Moesa selaku Kadis perdagangan,Koperasi dan UMKM Riau.
 
Provinsi riau tidak memiliki persediaan beras yang banyak, maka dari itu riau sering bekerjasama dan memasok beras dari Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.
 
Salah satu perusahaan yang besar mengimpor beras adalah bulog. Bulog biasanya mengimpor dari Vietnam dan Thailand,beras impor oleh bulog belum dipasarkan karena menunggu sampai masyarakat membutuhkannya.
 
Turut hadir Kepala Div Bulog Riau Kepri, Ketua Komisi II DPRD Riau, Dosen FP UIR, Kadis Pertanian dan Perkebunan Riau.(*)

Listrik Indonesia

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index