Longsor 20 Km, Warga Kampar Kiri Hulu Terancam Kelaparan

Longsor 20 Km, Warga Kampar Kiri Hulu Terancam Kelaparan
Longsor di Kampar kiri hulu.

 

LIPATKAIN (RIAUSKY.COM) - Akibat hujan deras yang disertai angin kencang membuat akses jalan menuju Desa Deras Setajak - Tanjung Karang - Batu Sasak, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kampar, Riau mengalami longsor sepanjang 20 Kilometer. 
 
Selain itu puluhan pohon juga menutup bahu jalan menuju tiga desa itu. 
 
Hingga saat ini belum ada bantuan pemerintah untuk evakuasi lonsor di daerah tersebut. 
 
Atas kondisi itu, perekonomian di tiga desa tersebut terancam lumpuh. Jika pemerintah tidak bertindak cepat, maka 1.065 Kepala Keluarga (KK) terancam kelaparan. 
 
"Sepanjang 20 kilometer jalan tidak bisa dilewati sepeda motor dan mobil sembako, karena jalan tertutup lonsor dan pepohonan. Untuk pasokan sembako belum ada."kata Kepala Desa Tanjung Karang, Busrianto S.Ag kepada faktariau, Ahad (29/11) malam melalui selulernya. 
 
Dia berharap, agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar melalui Dinas PU Kampar segera menurunkan bantuan berupa alat berat untuk membersihkan tanah lonsong dan pohon tumbang. 
 
"Jika pemerintah tidak secepatnya menurunkan alat berat ke lokasi longsor, masyarakat di tiga desa Kampar Kiri Hulu terancam mati kelaparan," ujarnya. 
 
Saat ini, kata Busrianto, masyarakat mulai membersihkan tanah longsor di badan jalan menggunakan alat seadanya. Cara itu dinilai kurang efektif dan butuh waktu lama, sebab lokasi longsor sepanjang 20 kilometer. 
 
Selain longsor, banjir bandang juga menerjang tiga desa tersebut, dan telah menghayutkan 13 rumah serta 95 rumah lainnya terendam banjir. (FR/R02) 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index