Wabup Zardewan Ajak Seluruh Elemen Bersatu Membangun Pelalawan Emas

Wabup Zardewan Ajak Seluruh Elemen Bersatu Membangun Pelalawan Emas

PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Untuk menampung usulan pembangunan dalam rangka menanggulangi dan memecahkan permasalahan yang ada serta menyepakati berbagai usulan prioritas rencana pembangunan, Wakil Bupati Pelalawan Drs H Zardewan MM secara resmi buka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2018, Rabu (21/3) kemarin di gedung daerah Laksamana Mangkudiraja. 

Pembukaan Musrenbang untuk menyusun kegiatan tahun 2019 dan untuk membahas terkait pemantapan peningkatan ekonomi melalui penguatan daya saing daerah.
  
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Pelalawan Drs H Zardewan MM mengatakan, pembangunan nasional dan daerah menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Sedangkan pembangunan dilakukan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan peningkatan kondisi sosial, ekonomi, budaya serta perbaikan kehidupan berbangsa dan negara. Namun demikian, karena pembangunan menjadi tanggungjawab bersama, maka upaya pembangunan harus dirancang secara bersama yang dilaksanakan dengan professional dan transfaran serta diawasi dengan penuh tanggungjawab.
        
"Ya, perencanaan pembangunan harus dilakukan dengan membuka ruang seluas-luasnya untuk partisipasi yang berkualitas dari seluruh unsur komponen masyarakat. Dan hal ini sesuai dalam amanat Undang-undang Nomor 25 tahun 2004, Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 tahun 2010. Dimana setiap upaya pembangunan berbangsa dan bernegara itu harus direncanakan secara partisipatif, pada tiap jenjang mulai kelompok masyarakat kecil, pemerintah desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, propinsi sampai tingkat nasional. Berkenanan dengan hal tersebut, maka Pemkab pelalawan harus dapat memastikan seluruh agenda pembangunan yang ada di Kabupaten Pelalawan dibahas didalam Musrenbang pada berbagai tingkatan yang dimaksud," ujarnya.
    
Zardewan juga mengatakan, rencana kerja pembangunan Daerah Tahun 2019 merupakan implementasi pembangunan daerah yang berkelanjutan dalam mendukung Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan Periode 2016-2021 yakni Inovasi Menuju Pelalawan Emas (Ekonomi Mandiri Aman dan Sejahtera) dengan tujuh program prioritas.

" Tentunya untuk memacu pembangunan daerah dengan terarah dan jelas kita memaksimalkan komunikasi yang intensif dalam hal keuangan untuk pembangunan bersama DPRD Pelalawan dan DPRD Propinsi Riau Pemilihan Kabupaten Pelalawan, serta peranan dan kontribusi dari perusahaan yang beroperasi di daerah kita ini," tuturnya seraya mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang telah bekerjasama dan membantu Program Pemerintah melalui kerjasama CSR yang sudah dilakukan tersebut.
        
Sambung Zardewan, terbatasnya kemampuan keuangan yang dimiliki oleh Pemkab Pelalawan menyebabkan cukup banyak pembangunan yang tertunda karena pembangunan dilakukan sesuai dengan skala prioritas. Untuk itu, maka Pemkab Pelalawan sangat memerlukan dukungan pembiayaan pembangunan dari Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah pusat. Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya bahkan berpotensi dominan dalam pembangunan masyarakat dan daerah adalah keberadaan perusahaan. Dengan segala sumber daya yang dimilikinya, maka tentu menjadi faktor yang sangat diharapkan dapat memacu kemajuan Kabupaten Pelalawan.
    
"Selama ini dukungan perusahaan sudah baik, namun masih perlu dimaksimalkan dan lebih penting lagi kiranya perlu ada sinkronisasi dengan program atau kegiatan yang dijalankan Pemkab Pelalawan. Saya berharap dukungan dari semua sektor sangat diperlukan, demi memajukan negeri yang berjuluk Negeri Selancar Di sungai dan mensejahterkan masyarakat dengan pembangunan yang merata," sebutnya.
      
Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Pelalawan Ir M Syahrul Syarif MSi menambahkan, musrenbang ini merupakan tahapan dari proses perencanaan pembangunan daerah sebagaimana yang diamanatkan dalam UU No 25 tahun 2004 tentang sistim perencanaan pembangunan Nasional.
      
"Musrenbang Kabupaten Pelalawan tahun ini diikuti sebanyak kurang lebih 500 orang yang terdiri dari tokoh masyarakat, OKP, anggota DPRD, dan Kepala SKPD. Musrenbang RKPD Kabupaten Pelalawan tahun 2018 ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 20-22 Maret 2018. Pelaksanaan ini digelar, untuk dimana dari forum tersebut diusulkan program oleh Organisasi Perangkat Daer4ah (OPD) beberapa kegiatan yang didanai dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN," pungkasnya. (R11/Mc)

Listrik Indonesia

#Pelalawan

Index

Berita Lainnya

Index