Kadispar Apresiasi Pembentukan Forwata Riau, Ini Harapannya

Kadispar Apresiasi Pembentukan Forwata Riau, Ini Harapannya

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Riau Fahmizal Usman mengapresiasi terbentuknya Forum Wartawan Pariwisata Indonesia (Forwata) Riau. Hal ini juga menjadi salah satu nilai tambah dalam mendukung promosi pariwisata daerah.

Poin ini dinilai berperan positif, karena masih banyak objek wisata yang belum terangkat dan tersosialisasikan ke masyarakat. Karena itu, dengan terbentuknya Forwata ini nanti bisa membantu pemerintah khususnya Dinas Pariwisata memperkenalkan objek-objek wisata yang masih belum terjamah ke masyarakat.

"Saya mengapresiasi terbentuknya wadah organisasi Forwata ini. Dan saya berharap keberadaan wadah Forwata ini bisa sebagai media partner atau mitra bagi Dinas Pariwisata Riau," tutur Fahmizal, Rabu (21/3/2018).

Fahmizal menyebutkan, sebagai insan pariwisata, maka untuk membangun sektor pariwisata itu harus memperhatikan tiga unsur yang disingkat dengan 3 F yaitu Food. Dimana insan pariwisata harus hobi makan dan baginya semua jenis makanan enak dilidah. Selain itu harus Fashionable, karena penampilan seorang insan pariwisata menunjukkan karakternya dan terakhir, insan pariwisata harus selalu Fun, gembira dan selalu tampak bahagia.

Disamping itu, promosi atau komunikasi marketing adalah unsur yang sangat penting bagi pariwisata. Promosi yang efektif yakni melalui media sosial, media massa dan penyelenggaraan even.

"Itu harus kita manfaatkan dengan baik. Kita jangan sampai ketinggalan," ujarnya lagi.Untuk mengembangkan pariwisata di Riau, kata Fahmizal, ada konsep yang namanya Pentahelix, yang artinya melibatkan pihak stakeholder yakni pelaku pariwisata, pemerintah, komunitas dan media.

"Pemerintah harus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memajukan dan mendorong sektor pariwisata agar bisa diandalkan dan memberikan dampak ekonomi yang baik kepada masyarakat," tutur Fahmi.

Keterlibatan masyarakat Riau untuk mempromosikan pariwisata setempat juga dibutuhkan. Cara paling mudahnya adalah dengan mengunjungi objek wisata dan mengunduh pengalamannya di media sosial. Sebagai contoh, wisatawan mengunjungi tempat objek wisata bisa mengunduh foto-foto objek wisata itu.

"Untuk mempromosikan destinasi wisata di Riau, Dinas Pariwisata Riau menyebarkannya melalui konsep Digital Tourism, yaitu mengirimkan info destinasi wisata dengan berbagai kuliner wisata dan lain-lain itu melalui medsos seperti whatsapp,  facebook,  twitter, instagram,  youtube,  dan sebagainya dan ini ternyata cukup efektif," paparnya. (R07/Mcr)

Listrik Indonesia

#Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index