Diikuti 2.006 Peserta, Seluruh SMK Inhu Laksanakan UNBK

Diikuti 2.006 Peserta, Seluruh SMK Inhu Laksanakan UNBK

RENGAT (RIAUSKY.COM) - Seluruh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Inhu melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mulai Senin hingga Kamis (2-5/4/2018). UNBK ini diikuti 2.006 peserta yang berasal dari 16 SMK negeri dan swasta di Inhu.

“Alhamdulillah tahun pelajaran ini, seluruh SMK di Inhu telah melaksanakan UNBK. Sehingga tidak ada lagi SMK yang melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP),” ujar Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Riau Kabupaten Inhu, M Abri, Senin (2/4/2018).

Dijelaskan Abri, 2.006 peserta didik SMK kelas XII yang melaksanakan UNBK tersebut, terdiri dari 1.180 laki-laki dan 826 perempuan. Pelaksanaan UNBK di bagi dalam tiga sesi setiap harinya dengan durasi waktu 120 menit per sesi.

“Sesi I dimulai pukul 07.30 sampai 09.30 Wib, sesi II dimulai pukul 10.30 sampai 12.30 Wib dan sesi III dimulai pukul 14.00 sampai 16.00 Wib. Sedangkan pengawas dilakukan secara silang antar sekolah,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya gangguan listrik dan jaringan internet dalam pelaksanaan UNBK, M Abri menegaskan bahwa panitia tingkat Kabupaten Inhu sudah berkoordinasi dengan PLN Area Rengat serta PT Telkom, sehingga pelaksanaan UNBK berjalan lancar.

“Untuk listrik, PLN Area Rengat menegaskan bahwa mereka siap mensukseskan UNBK karena sudah menjadi program nasional dan telah ada instruksi dari pusat. Namun demikian, seluruh SMK sudah menyiapkan genset sebagai upaya antisipasi jika terjadi gangguan mendadak akibat factor alam,” ungkapnya.

Ditambahkan M Abri, untuk tingkat SMA dan MA, pelaksanaan UNBK akan dilaksanakan pekan depan, Senin hingga Kamis (9-12/4/2018). Sedangkan UN susulan SMK, SMA, MA akan dilaksanakan Selasa dan Rabu (17-8/4/2018) mendatang.

“Untuk tingkat SMA, dari 27 sekolah di Inhu, 19 sekolahsudah melaksanakan UNBK, sedangkan 8 sekolah melaksanakan UNKP, terdiri dari SMAN 1 Kelayang, SMAN 2 Kelayang, SMAS Serumpun Pasir Penyu, SMAS Darul Huda, SMAN 1 Rakit Kulim, SMAN 2 Sei Lala, SMAN 2 Rakit Kulim, SMAN 2 Peranap,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Aidil Adhari SSTP melakukan peninjauan pelaksanaan UNBK hari pertama di SMKN 1 Rengat dan sejumlah SMK lain di Kabupaten Inhu. 

Dalam peninjauan ini, Aidil mengungkapkan secara umum pelaksanaan UNBK berjalan lancar, sebab masing-masing SMK sudah melakukan persiapan yang cukup matang termasuk melakukan antisipasi pemadaman listrik dengan menyediakan genset. 

“Alhamdulillah, hari pertama pelaksanaan UNBK berjalan lancar dan kita berharap ini dapat terlaksana secara baik hingga hari terakhir,” ucapnya.

Aidil menambahkan, untuk kelancaran pelaksanaan UNBK, Dinas Pendidikan Provinsi Riau telah menyalurkan bantuan berupa 25 unit laptop, UPS hingga server kepada seluruh sekolah yang melaksanakan UNBK. Bantuan ini sudah langsung dimanfaatkan oleh tiap sekolah. (R18/Mc)

Listrik Indonesia

#Indragiri Hulu

Index

Berita Lainnya

Index