Himpana dan Eka Hospital Pekanbaru Gelar Senam Sehat dan Edukasi Kesehatan

Senin,16 April 2018 | 17:18:07 WIB
Himpana dan Eka Hospital Pekanbaru Gelar Senam Sehat dan Edukasi Kesehatan
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Sebagai wujud kepedulian Himpunan Pensiunan Pertamina (Himpana) Pekanbaru dalam meningkatkan kesadaran serta menambah pengetahuan seputar masalah kesehatan bagi Anggotanya, Himpana Pekanbaru bersama Eka Hospital PekanbAru mengadakan Senam Sehat dan Edukasi Kesehatan bagi Anggotanya. 

Mengingat menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting agar fisik tetap fit dan prima selama menjalani rutinitas sehari-hari, dan juga dapat mencegah serangan berbagai penyakit. Kegiatan Senam Sehat dan Edukasi Kesehatan ini dilakukan pada hari Minggu, 08 April 2018 pukul 07.00 WIB s.d 11.00 WIB di Auditorium Eka Hospital Pekanbaru.

Hadir pada acara ini Ketua Himpana Cab. Pekanbaru Jofrizal Djohor, dokter klinik pertamina dr. Fitri, Sekretasi dan Anggota HIMPANA Cab. Pekanbaru,  untuk Eka Hospital Pekanbaru hadir Kepala Divisi Pemasaran dan Humas dr. Deny, Koord Pemasaran Lidya Widiastuti beserta staf. Peserta yang hadir dikegiatan ini berjumlah 143 orang, yang terdiri dari para Anggota Himpunana Pensiunan Pertamina.

Acara ini dibuka dengan kata sambutan dari Direktur Eka Hospital Pekanbaru yang diwakili oleh dr. Deny selaku Kepala Divisi Pemasaran dan Humas dan Ketua Himpana Pekanbaru, Jafrizal Djohor.

Dalam sambutannya, dr. Deny, menyampaikan rasa terimakasih atas kehadiran para anggota Himpana Pekanbaru yang sudah menyempatkan waktu untuk bisa mengikuti kegiatan ini. Kegiatan adalah langkah awal dari Eka Hospital Pekanbaru untuk menginformasi kepada keluarga besar Himpana bahwa pentingannya menjaga kesehatan. Tema edukasi kesehatan di kegiatan ini mengenai kanker kolorektal ini sangat penting karena semua orang beresiko mengidapnya. 

“Kanker kolorektal adalah kanker yang tumbuh pada usus besar atau rektum. Kanker kolorektal pada stadium awal hadir dalam gejala yang wajar dijumpai sehingga jarang terdeteksi secara dini. Sekitar 25% pasien kanker kolorektal terdiagnosa pada stadium lanjut dimana kanker telah menyebar ke organ lain. Pada kondisi ini, pengobatan menjadi lebih sulit dan lebih mahal Karena itulah Eka Hospital Pekanbaru melalui edukasi seminar tersebut agar bisa memberi pemahaman yang benar," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut dr. Deny, setiap orang hendaknya tidak hanya memperhatikan gaya hidup dan pola makan saja. Melainkan harus juga memperhatikan kesehatan nya dengan cara selalu melakukan Medical Check Up minimal tiap 1 tahun sekali ,” imbuhnya.

Diakhkir sambutannya dr. Deny menyampaikan harapannya agar setiap orang dapat meningkatkan kewaspadaan baik untuk dirinya sendiri maupun bagi orang-orang di sekitarnya. Karena mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati sebelum semuanya terlambat.

Sambutan dan sekaligus pembukaan dari Ketua Himpana Pekanbaru, Jafrizal Djohor. Dalam sambutannya Jafrizal mengucapkan terimakasih kepada Eka Hospital Pekanbaru yang sudah mensuport kegiatan ini. 

“Semoga kedepan Eka Hospital Pekanbaru semakin bertambah jaya, fasilitas semakin canggih dan layanan semakin bertambah dan bagus “ Imbaunya.

“Diharapkan kedepannya kegiatan ini akan selalu bisa disuport oleh Eka Hospital Pekanbaru, karena kami ini selaku pensiun ingin tetap selalu sehat dan kami berharap edukasi yang diberikan ini bisa menjadikan kami tetap sehat” tambahannya.

Selanjutkan masuk ke acara inti yaitu penyampaian materi oleh narasumber yaitu dr. Marthen Immanuel Benu, SpB (K) BD dengan tema “ Kanker Kolorektal “

dr. Benu, Sp B (K) BD menjelaskan bahwa Kanker kolorektal berasal dari jaringan usus besar (bagian terpanjang dari usus besar besar) atau rektum, (bagian kecil terakhir dari usus besar sebelum anus). Sebagian besar kanker kolorektal adalah tipe kanker adenocarcinomas (Kanker yang berasal dari sel yang membuat dan melepaskan lendir atau cairan lainnya). 

dr. Benu menjelaskan pentingnya mewaspadai tanda dan gejala awal, mengingat kanker kolorektal erat kaitannya dengan kerentanan genetik dan lingkungan. Gaya hidup sangat mempengaruhi menyebarnya kanker kolorektal. Bahkan sebagian besar bersifat sporadis dan hanya sebagian kecil bersifat herediter. Hal ini dapat dicegah dengan melakukan deteksi atau skrining sehingga bisa terdiagnosa dini dan mendapatkan pengobatan dengan hasil yang baik. 

Selain itu penting juga menghindari faktor risiko dan melakukan perilaku hidup sehat seperti olah raga, jangan merokok, diet seimbang, cukup istirahat dan atasi stress, sehingga menurunkan risiko. Gejala kanker kolorektal meliputi: Perubahan kebiasan BAB (diare atau konstipasi), Perasaan bahwa perut tidak sepenuhnya kosong, Terdapat darah (merah cerah atau pekat) pada BAB Anda, Ukuran BAB Anda lebih kecil dari biasanya, Sering mengalami kram perut atau sakit akibat gas lambung, atau merasa kembung, Kehilangan berat badan tanpa alasan, Selalu merasa letih, dan Sering terasa mual atau muntah-muntah. 

Seringkali, gejala-gejala ini mungkin saja bukan disebabkan oleh kanker. Kondisi kesehatan lain pun dapat menimbulkan gejala-gejala tersebut di atas. Sekedar mengingatkan, kanker pada tahap awal umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Karena itu bagi siapa saja yang merasa mengalami gejala tersebut di atas, disarankan untuk segera menemui dokter untuk melakukan diagnosa dan menerima pengobatan sesegera mungkin. 

Diharapkan dengan adanya Edukasi Kesehatan yang dilaksanakan Eka Hospital Pekanbaru bersama Himpana Pekanbaru ini dapat menambah pengetahuan anggota dan menjadikan kesehatan anggota lebih baik. Menuju pekanbaru sehat dan madani (*)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS