Di Kampus UIR, Presiden Direktur Chevron Paparkan Kunci Sukses Perusahaan

Di Kampus UIR, Presiden Direktur Chevron Paparkan Kunci Sukses Perusahaan

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - PT Chevron sangat memperhatikan masalah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai aset penting perusahaan. Dengan Adanya SDM yang berkualitas maka akan mampu menemukan teknologi-teknologi baru yang dapat digunakan PT Chevron sebagai perusahaan energi.

Demikian dikatakan Presiden Direktur PT. Chevron Pacific Indonesia, Ir. Albert B.M. Simanjuntak, MBA, soal kunci sukses perusahaan energi ini dalam menjalankan operasionalnya, dalam seminar dalam rangkaian kegiatan Intellectual Petroleum Fair di kampus Universitas Islam Riau (UIR), Senin (16/4/2018) di kampus perhentian Marpoyan Pekanbaru.

Albert dalam kesempatan itu juga menyebut kalau Chevron terus mengembangkan teknologi untuk melakukan eksplorasi minyak di Riau. Dimana pada awal tahun  1950 an, CPI mulai beroperasi di Riau. Seiring perkembangan waktu CPI mengembangkan teknologi Eksplorasi dengan sistem injeksi air pada tahun 1970-an.

"Pada masa inilah Chevron berhasil meraih produksi terbesar dengan hasil 1 juta barel per hari," sebut Albert.

Lalu pada tahun 1996 an saat produksi kembali menurun, PT CPI menurut Albert menemukan sistem injeksi uap yang ternyata mampu meningkatkan produksi minyak hingga 300 ribu barel. "Saat ini kita sedang menguji coba sistem Surfactan Polimer injection  di sumur Minas dan berhasil meningkatkan produksi hingga 20 persen," terang Dia.

Pemanfaatan teknologi tersebut dijelaskan Albert ta terlepas dari SDM Chevron yang berkualitas, dimana mereka tidak henti-hentinya untuk berinovasi. "Yang patut kita banggakan adalah ketika yang menjadi tulang punggung pelaksanaan teknologi tersebut adalah putra-putri terbaik bangsa, yang salah satunya adalah Hilmi yang merupakan Lulusan Teknik Perminyakan UIR,"sebutnya.

Seiiring dengan kemajuan zaman yang menuntut efisiensi dalam berbagai bidang, lanjut Albert, saat ini cehvron juga sedang melakukan transformasi digital dalam operasional mereka. "melalui transformasi digital ini, kita dapat lebih mudah mengontrol operasional, baik dalam eksplorasi maupun produksi," pungkas Albert.

Dalam kesempatan itu, Albert juga menegaskan bahwa PT CPI selalu membuka diri bagi para lulusan perguruan tinggi di Riau untuk bergabung di perusahaan energi itu."Kita membuka bagi siapa saja. Syaratnya punya keahlian di bidang yang dibutuhkan, nilai akademis yang baik, memiliki kemampuan berkompetisi dan selalu mau terus belajar," kata Albert.

Hadir dalam seminar rangkaian kegiatan Intellectual Petroleum Fair yang dilaksanakan Fakultas Teknik UIR ini, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Riau Indra Agus Lukman, mahasiswa dan para dosen Teknik baik dari Riau, maupun beberapa provinsi di Indonesia. (R06/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index