Longsor di KM 77 Merangin, Batu Besar Tutupi Ruas Jalan Lintas Riau-Sumbar

Longsor di KM 77 Merangin, Batu Besar Tutupi Ruas Jalan Lintas Riau-Sumbar
Kondisi longsor batu dan tanah di KM 77 Merangin pagi tadi. Foto: Tribun Pekanbaru

BANGKINANG (RIAUSKY.COM) - Jalan lintas Riau-Sumbar di Kilometer 77 Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kampar, Kamis (19/4/2018) subuh tadi tertutup longsor.

Bebatuan dan tanah di lokasi eks penggalian batu alam di kawasan tersebut runtuh dan menutupi sebagian ruas jalan sehingga mengganggu kelancaran aktivitas lalu lintas di ruas jalan padat kendaraan tersebut.

Longsoran tanah dan batu besar tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 05.30 WIB subuh tadi. Diduga penyebabnya adalah karena tingginya curah hujan dalam beberapa jam terakhir. 

Namun, dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja, aktivitas lalu lintas di sekitar lokasi harus mengalami buka tutup mengingat hanya kendaraan kecil dan umum biasa juga sepeda motor saja yang bisa melintas.

Adapun jenis kendaraan besar seperti truk, dialihkan melalui ruas jalan lain dialihkan ke Jalan Lintas Simpang Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar- Silam  di Kuok, begitupun ruas jalan sebaliknya.

Sampai sejauh ini, aparat kepolisian masih mengatur ruas lalu lintas kendaraan di sekitar lokasi reruntuhan tanah yang menutupi ruas jalan. Sementara itu, sejumlah alat berat sudah dikerahkan untuk membuka akses jalan tersebut.

Kapolres Kampar AKBP Denny Okvianto melalui Kasat Lantas AKP Wan Mantazaka membenarkan tanah longsor di KM 77 Merangin atau berkisar 3 kilometer dari jembatan Rantau Berangin tersebut. 

''Masih bisa dilalui, namun dengan buka tutup. Saat ini, personel kita sudah berada di lapangan untuk melakukan penataan aktivitas lalu lintas hingga bisa berjalan normal kembali,'' ungkap dia.

Lokasi di sekitaran lokasi penambangan batu alam di merangin sendiri memang termasuk kawasan rawan longsor, apalagi saat ini kondisinya, tebing penahannya sudah banyak terkikis oleh aktivitas penambangan ilegal.

Peristiwa longsor serupa pernah terjadi beberapa tahun lalu dan juga pada saat hujan terus mengguyur wilayah di sekitarnya. 

Dari pantauan, sampai sekitar pukul 09.00 WIB pagi tadi, aktivitas lalu lintas sudah berangsur pulih, walau upaya pembersihan dan pembukaan badan jalan yang tertimbun longsor masih terus dilaksanakan oleh petugas.(CR6/zar)

Listrik Indonesia

#Jalan Rusak longsor

Index

Berita Lainnya

Index