Hari Ini, 84.069 Siswa SMP Sederajat se Riau akan Mengikuti UN

Hari Ini, 84.069 Siswa SMP Sederajat se Riau akan Mengikuti UN
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Jika tak ada kendala, sebanyak 84.069 siswa SMP sederajat yang tersebar di 12 Kabupaten/Kota di Riau akan menjalani Ujian Nasional hari ini, Senin (23/4/2018). 

Sampai saat ini tidak ada permasalahan yang dihadapi untuk pelaksanaan UN di Riau.

Demikian dijelaskan Ketua Panitia Ujian Nasional Provinsi Riau Ahyu Suhendra Minggu (22/4), Ia menyebutkan persiapan pelaksanaan UN untuk SMP sederajat sudah maksimal dilakukan di Riau.

"Soal sudah dikirim semua ke daerah dan sekolah siap melaksanakan UN, baik yang dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupun dengan sistem Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP)," ujar Ahyu Suhendra seperti dimuat tribunpekanbaru.com.

Ahyu menambahkan begitu juga persiapan panitia di Kabupaten/Kota juga sudah maksimal, sehingga menurutnya sejauh ini belum ada kendala yang dihadapi untuk pelaksanaan UN SMP di Riau.

"Pendistribusian soal UNKP ke daerah pelosok juga tidak ada masalah semuanya berjalan dengan lancar dengan kerjasama bersama aparat kepolisian juga, "jelas Ahyu.

Ahyu juga menambahkan pihaknya dari Dinas Pendidikan baik itu dari Provinsi sebagai Kordinator maupun Kabupaten/Kota akan melakukan pemantauan langsung saat perhelatan UN berlangsung ke sekolah.

"Kami juga akan memantau ke lapangan, pelaksanaan UN, "jelas Ahyu.

Sebagaimana tahun ini jumlah siswa SMP sederajat yang ikut UN di Riau sebanyak 84.069, dimana yang menjalani UNBK SMP sebanyak 27.816 dan UNKP SMP 56.253.

Sedangkan jika dilihat dari jumlah sekolah SMP yang menjalankan UNBK sebanyak 244 sekolah dan UNKP sebanyak 901.

Kemudian untuk MTs sendiri jumlah yang menjalankan UNBK hanya sebanyak 59 sekolah sedangkan yang menjalankan UNKP mencapai 530 sekolah yang tersebar di Riau.

"Untuk yang SMP memang masih banyak yang jalankan UN dengan UNKP dan kita mendorong Kabupaten/Kota untuk mengupayakan kedepannya agar UN dengan sistem UNBK," jelas Ahyu.

Tidak hanya itu, kedepan juga diharapkan agar pihak SMP sederajat bisa memanfaatkan fasilitas SMA dan SMK terdekat untuk melaksanakan UN dengan sistem komputer.

"Sama dengan SMA dan SMK tahun depan kita mengharapkan 100 persen sudah UNBK di Riau, "ujarnya.

Untuk soal UN sendiri terutama UNKP menurut Ahyu merupakan soal yang murni dari Pemerintah Pusat dan dicetak oleh pusat, sedangkan Provinsi hanya mendistribusikan ke Kabupaten/Kota.

"Kalau yang cetak soal itu pusat melalui percetakan yang ditunjuk Kementerian Pendidikan, "jelasnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index