Begini Cara Pasangan Firdaus-Rusli Atasi Pengangguran di Duri

Begini Cara Pasangan Firdaus-Rusli Atasi Pengangguran di Duri

DURI (RIAUSKY.COM) - Meski berstatus sebagai kota Industri karena banyak perusahaan dan dan sejumlah industri berada di sana, namun hal tersebut berbanding terbalik dengan kondisi masyarakatnya yang ternyata masih banyak menganggur.

Hal itu diungkapkan calon Wakil Gubernur Riau nomor urut 3, Rusli Effendi kepada awak media usai menggelar kampanye dialogis pasangan Dr H Firdaus ST MT bersama H Rusli Effendi di Jalan Jawa Kelurahan Gajah Sakti Kecamatan Mandau, Selasa (24/4/2018).

Rusli juga terkejut saat berbincang dengan sejumlah tokoh masyarakat yang menyebut banyak warga duri yang masih berstatus pengangguran, padahal disana banyak perusahaan.

"Ya saya tadi sempat berbincang dengan sejumlah tokoh soal Kota Duri ini, katanya pengangguran masih banyak, padahal disini banyak perusahaan, ini kan ironi," katanya.

Namun demikian, ia tak menapikan kalau memang persoalan daya saing memang menjadi persoalan, namun disisi lain ini juga menyoroti lemahnya penegakan aturan dimana perusahaan harusnya juga mengutaman tenaga kerja lokal," ujarnya.

Makanya ini menjadi PR gubernur baru nanti, bagaimana mengatasi persoalan ini, bagaimana bupati atau gubernur mengkomunikasikan dengan perusahaan yang ada agar tenaga kerja lokal ini diperhatikan agar tak ada lagi pengangguran.

"Tapi kalau kita di Tim, kita punya fokus peningkatan sumber daya manusia, makanya nanti kita dorong berdirinya sekolah industri ataupun perminyakan atau yang lainnya, bagaimana lulusan-lulusan bisa langsung bisa bekerja di sejumlah industri yang ada disini, kita akan siapkan itu," tegasnya.

Ditambahkannya, tapi masalahnya kalau pun perusahaan banyak tapi SDM-nya tak memenuhi syarat ya gak bisa juga, makanya Rusli mendorong agar sekolah yang ada mampu menjawab kebutuhan dunia kerja.

"Dengan demikian, kita memikirkan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, maka kita akan mendorong untuk membangun sekolah yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan disini," pungkasnya. (*)

Listrik Indonesia

#PILGUBRI 2018

Index

Berita Lainnya

Index