Disbud dan Dewan Kesenian Riau Adakan Perayaan Hari Tari Sedunia

Disbud dan Dewan Kesenian Riau Adakan Perayaan Hari Tari Sedunia

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Bertepatan dengan Hari Tari Sedunia, Komite Tari Dewan Kesenian Riau bersama Dinas Kebudayaan Provinsi Riau menggelar perayaan Hari Tari Sedunia, Minggu (29/4/2018). 

Kegiatan ini dilaksanakan di Kompleks Bandar Seni Raja Ali Haji, Taman Budaya Provinsi Riau, Pekanbaru acara ini mengangkat tema "Mengarak Tari".

Ketua Panitia, Epi Martison mengatakan tema ini menggambarkan beraneka ragam gerakan tari yang ada di Riau. "Banyak gerak-gerak tari yang luar biasa tumbuh perkembang di pedalaman, itu yang harus kita tunjukkan" ungkapnya.

Ada berbagai jenis tarian yang ditampilkan, seperti tarian tradisi, kreasi, klasik, tari rakyat, dan kotemporer. Selain itu, ada 15 komunitas tari yang turut tampil antara lain Sanggar Latah Tuah, Komunitas Sendayung, Opera Kuantan, Balai Proco, Tengkah Zapin, Wan Dance Studio, Begawai Tari, Buih Selari, Sri Melayu, Otaku Dance Company, Merawang Riau, Bina Tasik Pelalawan, Dance Teater, Balai Sanggam Melayu dan Anak Cikal.

Epi menambahkan melestarikan tarian budaya melayu merupakan tanggung jawab moral bagi kita bersama, khususnya bagi praktisi tari. (*)

Penulis: Rahayu Puji Lestari, Mahasiswi Ilmu Komunikasi konsentrasi Jurnalistik UIN Riau

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index