Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau Adakan Workshop Desain Media Cetak dan Online

Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau Adakan Workshop Desain Media Cetak dan Online

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Saat ini tengah berlangsung Workshop Desain Media Cetak dan Online Program Studi Ilmu Komunikasi yang diadakan di Gedung Teater Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau, Selasa (01/5/2018).

Acara ini dipandu oleh salah satu Dosen UIN Suska yaitu Musfialdi. Dan kali ini Pimpinan Redaksi Republika Irfan Junaidi langsung didatangkan ke kampus sebagai pemateri. 

Irfan Junaidi membagikan pengalamannya tentang bagaimana ia bekerja di Media Cetak (Koran), mulai dari rapat tentang isi konten berita, atau isu-isu berita yang akan dimuat di media, karena semua isu itu tidak bisa diambil, karena ada isu yang penting dan isu yang tidak penting tergantung kebijakan dari masing-masing media. 

Setelah menyelesaikan rapat,  kegiatan selanjutnya yaitu deliver kepada wartawan. Misalnya si A ke tempat ini,  si B ke tempat itu,  dan sebagainya. Dan pada pukul 14.00 para wartawan kumpul lagi untuk rapat hasil wawancara atau hasil informasi yang didapat.  

Kemudian dilanjutkan dengan rapat pada pukul 17.00 sore untuk menentukan berota mana yang layak dinaikkan. Dan langsung diolah dibagian redaktur dan redaktur akan mengambil konten-konten dari para wartawan sesuai dengan halaman yang di kelolanya. 

Setelah selesai mengolah halamannya, lalu dikirim ke bagian desain visual untuk mengolah bagian  gambar, warna dan sebagainya. Ketika sudah di cetak ,di periksa kembali kemudian jika sudah benar,  koran dapat langsung di cetak. 

Itulah salah satu pengalaman yang dibagikan oleh pemateri Irfan Junaidi, Pimpinan Redaksi Republika. 

Menurut Desi salah satu mahasiswa Jurnalistik yang mengikuti worshop, dengan diadakannya workshop ini tentunya bagus, sekaligus nambah pengetahuan buat lebih mengetahui tentang dunia jurnalistik dari media online dan cetak.

"Apalagi saya kan dari kosentrasi jurnalistik nih, jadi pasti ilmunya banyak banget, ditambah lagi pemateri kali ini langsung dari Pimpinan Redaksi Republika," ujarnya. (*)

Penulis: Kenti Asih Safitri, mahasiswi Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index