Hari Buruh di Pekanbaru, Ada Lomba Tarik Tambang dan Bagi-bagi Doorprize

Hari Buruh di Pekanbaru, Ada Lomba Tarik Tambang dan Bagi-bagi Doorprize

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Peringatan hari buruh internasional 1 Mei atau May Day di Pekanbaru berlangsung aman dan tertib. Ribuan buruh yang berkumpul di Gedung Juang 45 Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru, memperingati May Day dengan suasana gembira.

Tiga federasi perserikatan buruh di Riau, K SBSI, K SPSI dan Serikat Pekerja Perkebunan, turun dalam aksi damai ini.

Ketua panitia acara, Mangasa Panjaitan, mengatakan bahwa aksi damai tersebut bertujuan untuk membangun kebersamaan antara buruh dimanapun tempat bernaungnya.

"Ini untuk memperingati sejarah masa lalu, 1 Mei hari libur. Oleh karena itu mari kita bangun kebersamaan, wujudkan membangun buruh, dan kesejahteraan buruh," katanya.

Ia juga mengatakan, pada aksi damai ini panitia juga menyediakan doorprize untuk para buruh. Digelar perlombaan tarik tambang dan permainan rakyat lainnya. Dan juga disiapkan orgen tunggal untuk para buruh bisa bernyanyi.

"Kita juga sudah siapkan pemeriksaan kesehatan gratis, pokoknya hari ini kita bergembira, kita satukan suara, kita wujudkan kesejahtraan buruh," tuturnya.

Sementara Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Susanto mengapresiasi buruh yang menggelar aksi hari ini. Susanto mengaku,  pada awalnya khawatir akan terjadi hal yang tidak diinginkan pada peringatan Hari Buruh Internasional ini.

"Saya pada awalnya khawatir karena jika buruh sudah berkumpul bisa memakan jalan, dan akan terjadi kemacetan yang akan merugikan masyarakat. Akan tetapi saya salah, rupanya buruh di Riau tertib, mari kita sama sama bergembira," ujarnya yang disambut tepuk tangan dari ribuan buruh yang hadir.

Kapolresta menambahkan, bahwa posisi ia dengan para buruh adalah sama, tidak ada perbedaan, yang berbeda hanyalah baju seragamnya saja. "Posisi kita sama, saya juga bekerja atas perintah atasan, hidup buruh," katanya lagi.

Tidak hanya itu, untuk mengapresiasi aksi damai tersebut, Kapolresta juga sudah menyiapkan 3 buah handphone untuk 3 orang buruh yang beruntung.

"Saya akan ikut tarik tambang, saya sudah perintahkan kepada anggota saya untuk ikut semua bergembira bersama sama, yang jaga lalu lintas, sudah hanya satu dua orang saja, gak perlu ramai ramai. Terimakasih para buruh atas kerjasamanya," pungkasnya. (R03/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index