Meriahkan HUT 70 RI

Wow, Lombanya Memanjat 34 Batang Pinang

Wow, Lombanya Memanjat 34 Batang Pinang
Suasana panjat batang pinang memeriahkan HUT RI.
PASIR PANGARAIAN (RIAUSKY)- Ada-ada saja cara masyarakat Indonesia guna memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Di Rokan Hulu, tepat di tepi Sungai Batang Lubuh Pasir Pengaraian, masyarakat dari beberapa desa berlomba memanjat 34 batang pinang yang sudah disiapkan panitia penyelenggara.
 
Mereka berusaha merebut hadiah-hadiah menarik yang disediakan penyelenggara guna memeriahkan perayaan hari tanda dimana bangsa ini terbebas dari belenggu penjajahan.
 
''Hadiahnya bermacam-macam, ada sepeda, kompor gas, kipas angin, sendal, sepatu, jam, wah...banyak sekali,''ungkap Marhalim, salah seorang yang ditemui di sekitar tepian Batang Lubuh, Minggu (16/8/2015) sore. 
 
Warga memang datang berbondong-bondong ke lokasi acara panjat pinang ini. Mereka sudah mengetahui adanya gelaran meriah yang dibuat oleh pemerintah daerah setempat. ''Saya menjadi peserta, tapi belum dapat hadiahnya. Doakan saja,'' harap Anas, diamini rekan-rekannya semasa pemuda yang hendak menjadi pemanjat. 
 
Bupati Rokan Hulu, Achmad yang kebetulan hadir membuka acara mengaku bahagia melihat antusiasme warga yang hadir di lokasi panjat pinang. Setidaknya ada puluhan ribu warga tumpah ruah guna menyaksikan peristiwa langka ini. Maklum saja, bila biasanya hanya ada satu atau sebanyak-banyaknya tiga batang pinang, tahun ini ada 34 batang pinang yang akan dipanjat oleh peserta. 
 
''Yang penting semangatnya. Kita harus bisa menyelami semangat apa yang terkandung dari pelaksanaan iven ini. Kebersamaan, kerja keras menjadi jalan untuk mencapai keberhasilan,'' ungkap Achmad yang sebentar lagi akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Bupati Rokan Hulu ini.
 
Achmad berharap iven ini selain lebih meningkatkan rasa kebersamaan masyarakat Rokan Hulu, khususnya yang tinggal di sekitaran Pematang Lubuh, juga bisa lebih meningkatkan motivasi untuk membangun Rokan Hulu lebih baik lagi. 
 
Ada berbagai kegiatan dilaksanakan  guna memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 70 tahun ini. Adapun 34 batang pohon pinang yang didirikan, khusus disiapkan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul dan sejumlah sekolah di Kecamatan Rambah. ''Semuanya bergotong royong,'' ungkap salah seorang pimpinan SKPD.
 
Hiburan rakyat panjat pinang di halaman kantor PMI Rohul, dibuka resmi Bupati Rohul, Drs H Achmad M,Si, yang dihadiri sejumlah kepala dinas, badan dan kantor. Bahkan, karena ramainya warga yang menonton panjat pinang, membuat jembatan Batang Lubuh hingga ke kawasan Pasar lama sempat macet total, akibat ramainya kendaraan warga yang parkir, dan akan melintas.
 
Ada puluhan aparat kepolisian berseragam lalu lintas, dibantu personel Dishubkominfo Rohul ikut mengamankan ruas jalan agar tidak macet akibat kendaraan. Malahan, kawasan parkir di Pujasera juga disesaki kendaraan roda dua dan empat, warga yang akan menonton panjat pinang.
 
Sejak dimulainya memanjat pinang sekitar pukul 14.30 Wib, 3 batang pinang  dilaporkan tumbang karena timbunan tanah becek sehabis turun hujan, namun situasi itu tak mematahkan semangat warga yang ingin uji kemampuan serta menyaksikan serunya memanjat pohon berlapis gomok dan minyak pelicin di tengah guyuran hujan.(R02)
 
 
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index