Realisasi Lanjutan Pembangunan Jembatan Siak IV 25 Persen

Realisasi Lanjutan Pembangunan Jembatan Siak IV 25 Persen

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Progres kelanjutan pembangunan Jembatan Siak IV yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru - Provinsi Riau, baru mencapai 23 persen.

Demikian informasi ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau, Dadang Eko Purwanto di Kantor Gubernur Riau, Senin (14/5/2018).

"Seminggu lagi pembangunan akan dilanjutkan dengan proses pengecoran. Memang sempat dihentikan sementara," kata Dadang.

Ia memproyeksikan, tiang utama penyangga jembatan ini sudah berdiri pada awal Juli nanti. Pendirian tiang penyangga ini sendiri memang cukup rumit. Pasalnya, tiang ini didesain seperti huruf A dan bagian sisi lainnya dibuat sedikit miring.

Kemudian, tahapan pembangunan akan dilanjutkan dengan pemasangan besi penyangga horizontal di bawah jembatan (gelagar).

"Intinya memang di pylon itu. Itulah untuk menyangga kabel-kabel yang dipadangkan untuk menahan jembatan. Dan pylon harus kuat memang. Pembangunannya ini yang sedikit lebih rumit memang," ujarnya.

Untuk diketahui, pembangunan Jembatan Siak IV sebelumnya dihentikan pengerjaannya pada tahun 2012 lalu, dan diklaim pengerjaannya sudah mencapai 79 persen. Namun, dikarenakan ada permasalahan hukum pembangunannya terhenti.

Barulah pada tahun 2017, di bawah kepemimpinan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, jembatan tersebut kembali dilanjutkan dengan pagu anggaran mencapai Rp115 miliar dengan penganggaran tahun 2017 dan 2018. (R07/Mcr)

Listrik Indonesia

#Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index