AKHIRNYA... Kas Daerah Rohul Kembali Dipindah ke Bank Riau Kepri

AKHIRNYA... Kas Daerah Rohul Kembali Dipindah ke Bank Riau Kepri

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Kas daerah (Kasda) Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang sebelumnya dikelola Bank Rakyat Indonesia (BRI), kini kembali dipindahkan ‎ke Bank Riau Kepri Kantor Cabang (Kanca) Pasir Pangaraian.

Kasda Pemkab Rohul dipindahkan dari Bank Riau Kepri ke Bank BRI, semasa pemerintahan Bupati Rohul saat itu dijabat H. Suparman S.Sos, M.Si sekitar Agustus 2017 lalu. Tetapi,  saat H. Sukiman resmi menjabat Bupati Rohul defenitif, Kasda kembali dipindahkan ke Bank Riau Kepri.

Dengan pengembalian Kasda Pemkab Rohul ke Bank Riau‎ Riau Kantor Cabang Pasir Pangaraian, ditandai penandatangan nota kesepahaman atau Mou oleh Bupati Rohul H. Sukiman bersama Direktur Bank Riau Kepri Dr Irvandi Gustari.

Pelaksanaan penandatangan MoU antara Bupati Rohul dengan Direktur Bank Riau Kepri digelar, usai Apel Bersama seluruh pegawai Pemkab Rohul di lapangan Kantor Bupati Rohul dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri)‎ H. Wan Thamrin Hasyim, Selasa (15/5/2018).

Dalam apel bersama, juga dihadiri Bupati Rohul Sukiman,‎ Dandim 0313/ KPR Letkol Inf Beny Setiyanto‎, Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua, Kepala Kejari Rohul Freddy Daniel Simanjuntak, Pj Sekda Rohul H. Abdul Haris Lubis S.Sos, M.Si, Ketua MKA LAM Riau Al Azhar, Komisaris Bank Riau Kepri H. Mambang Mit, Kepala Kanca Bank Riau Kepri Pasir Pangaraian Yudi Asdam, dan lainnya. 

Amanatnya pada Apel Bersama seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Rohul, Plt Gubri H. Wan Thamrin Hasyim‎ menyatakan, bahwa pengembalian Kasda Pemkab Rohul dari Bank BRI ke Bank Riau Kepri sudah‎ melalui rapat seluruh pemegang saham.

Kata Plt Gubri lagi, bahwa sudah sepantasnya Kasda Rohul dikelola oleh Bank Riau Kepri yang merupakan bank daerah, katrena Kabupaten Rohul merupakan bagian dari Provinsi Riau.

"Kita hanya punya satu bank, namanya Bank Riau Kepri. Kalaupun ada satu kabupaten saya miris, namun tidak tahu siapa yang salah siapa yang benar," kata‎ Wan Thamrin Hasyim usai memimpin apel.

Plt Gubri mengimbau ke seluruh kepala daerah di Provinsi Riaum agar bisa ikut membesarkan Bank Riau Kepri, sebagai bank daerah yang menjadi kebanggaan masyarakat di Bumi Lancang Kuning.

Sedangkan menurut Direktur Bank Riau Kepri Irvandi Gustari menyatakan, pihaknya siap mengelola Kasda Pemkab Rohul yang sudah menerapkan sistem non tunai sejak Januari 2018.

Sebut Irvandi, bahwa Bank Riau Kepri sudah diakui, dan merupakan bank daerah terbaik di Indonesia di bidang service pelayanan ke para nasabah belum lama ini, dan itu mengungguli Bank DKI dan BJB serta bank daerah lainnya di Indoensia.

"Karena, standar bank sebenarnya sama. Cuma satu yang perlu dilakukan, yakni komunikasi dan koordinasi sebenarnya yang perlu dilakukan. Selama ini kita sudah melakukannya," ucap Irvandi.

Menurutnya, bahwa seluruh transaksi keuangan dikembalikan ke Bank Riau Kepri, seperti seluruh APBD, gaji pegawai,‎ dan lainnya dikembalikan ke Bank Riau Kepri.

Terkait proses pemindahan Kasda dari Bank BRI ke Bank Riau‎ Kepri, sebut Irvandi, pihaknya siap kapan saja. Namun pihaknya masih perlu melakukan beberapa sistem dengan pemerintah daerah.

‎Juga diakui Irvandi, jauh-jauh hari sebelum dilakukan penandatanganan MoU, itu sudah dilakukan rapat dengan pihak instansi terkait di lingkungan Pemkab Rohul. Apalagi Pemkab Rohul mempunya saham 0,75 persen di Bank Riau Kepri atau sekitar Rp9 miliar.

Kemudian diakui Kepala Badan Pengelolaan‎ Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Rohul Jaharuddin SP.MM, mengakui setelah MoU dilaksanakan maka Kasda secara otomatis akan dipindahkan kembali ke Bank Riau Kepri.

Jaharuddin mengakui,  BPKAD Rohul siap mensupport‎ dikembalikannya Kasda Pemkab Rohul ke Bank Riau Kepri yang akan dilakukan secepatnya.

Pasca MoU akan ditindaklanjuti oleh administrasi secara teknis, seperti SK Penunjukan, sistem secara teknis, serta pembukaan rekening bila dibutuhkan bank oleh pemerintah.‎

"Dengan sudah dilaksanannya MoU, kita sudah mulai berproses. Namun administrasi‎ yang harus dikerjakan banyak, setelah semua administrasi selesai maka kita langsung pindahkan," janji Jaharuddin dan mengaku, untuk target‎ pemindahan Kasda Pemkab Rohul akan dilakukan secepatnya.(mc)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index