Dibangun dengan Dana Pribadi, Sukarmis Serahkan Masjid Megah untuk Masyarakat Pangean

Dibangun dengan Dana Pribadi, Sukarmis Serahkan Masjid Megah untuk Masyarakat Pangean

TELUK KUANTAN (RIAUSKY.COM) - Awal Ramadan 1439 H, masyarakat desa Tanah Bekali, Kecamatan Pangean merasa terharu dan bersyukur setelah Bupati Kuantan Singingi periode 2006-2011 dan 2011-2016, Sukarmis, menyerahkan sebuah bangunan masjid megah bernilai miliaran rupiah plus surat tanahnya kepada masyarakat di desa tersebut, Kamis (17/5/2018) malam kemaren.

Masjid dibangun dengan menggunakan dana pribadi oleh Sukarmis itu diberi nama Mesjid Syuhada H Sukarmis yang diserahkan langsung kepada Kepala Desa Tanah Bekali Pangean, Roni SE dan juga kepada pengurus mesjid. 

Turut menyaksikan Juita Alfis Sukarmis dan sejumlah putra Sukarmis, seperti Jons Ade Nopendra, Aprid Ade, Romi Alpisyahputra , Andi Putra , Beri Pebri , dan Adam serta perwakilan dari KUA Pangean.

Sedangkan dari masyarakat Pangean turut menghadiri peresmian dan penyerahan mesjid Syuhada H Sukarmis itu, diantaranya, mantan Asisten I Setda Kuansing, Erlianto, Ketua Tarbiyah Islamiyah Pangean, Marsal Hamzah, anggota DPRD Kuansing domisili Pangean Sastra Febriawan dan Jefri Antoni , perwakilan Pangulu Nen Barompek Nagori Pangean Datuak Pakomo, dan hadir pula pemuka masyarakat Pangean Jubardi dan Saini serta undangan lainnya.

Sebelum diserahkan, diawali dengan kegiatan buka puasa bersama yang dilanjutkan dengan shalat Isya, Tarawih, Witir bersama. Peresmian dan penyerahan mesjid ini ditutup dengan penyampaian ceramah agama dari Ustadz Masran Ali, sedangkan imamnya adalah Qori Nasional Supriadi.

"Saya serahkan mesjid ini kepada masyarakat Desa Tanah Bekali, Kecamatan Pangean. Saya serahkan langsung kepada kepala desa dan pengurus mesjid," ujar Sukarmis yang disambut tepuk tangan para jamaah.

Sukarmis menegaskan, pembangunan mesjid ini terlaksana karena ada rezki masyarakat Tanah Bekali kepadanya yang dilimpahkan Allah SWT. "Pembangunan ini bukanlah reseki saya sendiri. Tapi ini rezki kita bersama. Rezki bapak-bapak dan ibuk-ibuklah masyarakat Tanah Bekali melalui telapak tangan saya. Bukan karena saya sendiri bisa membangun, tapi kita semualah yang membangun mesjid ini. Ini rezki masyarakat Tanah Bekali," ungkapnya.

Ke depan, kepada masyarakat Pangean, khususnya Tanah Bekali, jatuhlah hak untuk merawat dan menjaga mesjid ini. 

Sementara itu, salahseorang Pemuka Masyarakat Tanah Bekali Pangean, Toni mengucapkan terima kasih kepada mantan orang nomor satu di Kuansing itu yang telah bersedia mensedekahkan rezkinya untuk membangun mesjid di desa ini. "Terima kasih tak terhingga kami ucapkan kepada Pak Haji Sukarmis. Sekarang tugas kitalah untuk memilahara dan menjaganya," ucapnya. (R12/Mcr)

Listrik Indonesia

#Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index