Masa Tenang Pilkada

Bawaslu Perketat Pengawasan Pada Paslon dan Tim Sukses

Bawaslu Perketat Pengawasan Pada Paslon dan Tim Sukses
ilustrasi (internet)
PEKANBARU(RIAUSKY.COM) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau menghimbau kepada seluruh pasangan calon Bupati dan Calon wakil Bupati agar tidak melakukan segala aktifitas yang berbau kampanye dalam masa tenang terhitung sejak hari minggu hingga selasa mendatang.
 
hal ini disampaikan Anggota Bawaslu Provinsi Riau, Rusidi Rusdan.Ia menegaskanpasangan calon tidak diperbolehkan melakukan kampanye dialogis ataupun kegiatan yang berbau kampanye lainnya. Termasuk debat public juga tidak diperkenankan ada selama masa tenang. Demikian juga dengan iklan di media massa, serta kampanye dalam bentuk lain.
 
"Sesuai dengan aturan dalam PKPU nomor 7 tahun 2015, tim atau pasangan calon tidak dibenarkan melakukan seluruh aktivitas yang berbau kampanye. Kami juga tidak membenarkan adanya kegiatan kampanye terselubung, yang dibungkus dengan kegiatan sukuran atau silaturahmi. Itu tidak diperbolehkan lagi. Demikian juga kegiatan blusukan dan lainnya, karena itu jelas kegiatan berbau kampanye,"ujar Rusidi.
 
Rusidi juga menambahkan, untuk meningkatkan pengawasan selama masa tenang, pihaknya sudah mengintruksikan kepada Panwaslu kabupaten/kota, untuk mengawasi setiap gerak-gerik pasangan calon. Sehingga masa tenang benar-benar tidak ada aktivitas kampanye pasangan calon.
 
Hal senada juga disampaikan ketua KPU Provinsi Riau Nurhamin, Ia mengatakan dalam masa tenang tersebut, pihaknya berharap benar-benar tidak ada kegiatan yang berbau kampanye yang dilakukan oleh pasangan calon atau tim masing-masing. Sehingga masyarakat dapat menentukan pilihan dengan pikiran yang jernih tanpa ada pengaruh dari pihak mana pun.
 
"Di dalam masa tenang kita harus memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk bisa menentukan pilihan berdasarkan keinginan mereka, tanpa terpengaruh oleh pasangan calon lagi. Karena masa untuk mengambil hati masyarakat sudah diberikan waktu bagi pasangan calon di masa kampanye," tuturnya. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index