Perahu Baganduang Kuantan Mudik Masuk Nominasi API 2018, Begini Cara Vote-nya

Perahu Baganduang Kuantan Mudik Masuk Nominasi API 2018, Begini Cara Vote-nya

TELUK KUANTAN (RIAUSKY.COM) - Tradisi unik Perahu Baganduang dari Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (AFI) 2018.

Masuknya Perahu Baganduang sebagai nominasi, merupakan nominasi yang kedua diraih oleh jenis pariwisata yang ada di Kabupaten Kuansing.

Sebelumnya, pacujalur juga masuk nominasi AFI 2017 lalu dan telah dinobatkan sebagai pariwisata terpopuler se Indonesia.Pada tahun 2018 ini giliran Perahu Baganduang yang masuk dalam nominasi API Award 2018 dalam kategori Atraksi Budaya Terpopuler.

Hal ini disampaikan Kadis Pariwisata Kabupaten Kuansing, Marwan, Selasa(05/06/2018).Sekedar diketahui, Perahu Beganduang adalah gabungan dari dua hingga tiga buah sampan panjang yang dihiasi dengan beragam pernak pernik. Baganduang artinya bergandeng.

Perahu-perahu ini dirangkai menjadi satu (diganduang) dengan menggunakan bambu. Perahu baganduang menjadi bagian dari tradisi yang ada di Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing.

Perahu Baganduang adalah kendaraan adat yang digunakan untuk tradisi Majompuik Limau. Tradisi ini telah dilakukan masyarakat selama kurang lebih satu abad lalu lamanya.

Untuk mendukung perahu baganduang ini menjadi pemenang pada API 2018, masyarakat diminta untuk mengirimkan vote SMS dengan cara ketik API 8D kirim ke 99386 sebanyak banyaknya. Ayo kirimn Sms. (R12/Mcr)

Listrik Indonesia

#Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index