Hendak ke Malaysia, 7 Warga Rohingya Diamankan Lanal Dumai

Hendak ke Malaysia, 7 Warga Rohingya Diamankan Lanal Dumai
Sumber: Xnewss.com

DUMAI (RIAUSKY.COM) - Sebanyak 7 Warga Negara Asing (WNA) asal Myanmar/Rohingya berhasil diamankan tim Western Fleet Quick Respon (WFQR) 71.6 Lanal Dumai, Rabu (06/06/2018).

Mereka ditangkap di hutan bakau sekitaran pantai purmama Dumai sesaat akan berlayar ke Malaysia.

Tujuh WNA asal Myanmar itu tadinya berencana berangkat ke Malaysia dan masuk secara ilegal. 

Warga Rohingya tersebut masing-masing berinisial AB(42), HK(37), YA(30), FA(13), SH(12), AS(10) dan AH(10) yang dibawa dari Kota Medan, ke Kota Dumai.

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (E) Yose Aldino mengatakan, penangakapan terhadap 7 warga Myanmar ini berdasarkan informasi bahwa ada sejumlah WNA yang masuk ke Kota Dumai menggunakan kendaraan roda empat.

"Berdasarkan informasi itu petugas kita langsung melakukan penyisiran di sekitaran Pantai Purnama, setelah melakukan penyisiran ditemukan satu unit speed boat yang diletak di bakau-bakau dengan beberapa kumpulan orang," ujar Kolonel Laut (E) Yose Aldino dalam press realese di Pos Pengamanan Perbatasan TNI AL seperti dilansir Xnewss.com.

Lanjut Yose menjelaskan, mereka langsung diamankan beserta barang bukti speed boat mesin 55 PK. Berdasarkan keterangan dari hasil pemeriksaan sementara ke 7 WNA tersebut mengaku akan ke Malaysia.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, mereka mengaku dibantu oleh seseorang berinisial HS di Medan menggunakan kendaraan roda empat menuju Kota Dumai. Setibanya di Kota Dumai mereka diserahkan ke YS yang kini masih dilakukan pencarian oleh pihak Lanal Dumai.

"Ketujuh WNA ini akan kita serahkan kepada pihak Imigrasi Dumai untuk tindak lebih lanjut secara keimigrasian," ungkapnya. (R13)

Listrik Indonesia

#Aung San Suu Kyi # Rohingya

Index

Berita Lainnya

Index