Siapkan Tim Penyisir

PLN Riau Tertibkan Pelanggan Bersubsidi

PLN Riau Tertibkan Pelanggan Bersubsidi
Petugas PLN

 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - PT PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) mengaku telah menerjunkan tim untuk menyisir para pemakai listrik yang subsidi pemerintah di wilayah Provinsi Riau, sembari menertibkan pelanggan terutama tarif rumah tangga dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA.
 
"Sejak akhir Oktober tahun ini, tim sudah turun ke lapangan untuk memantau dan memastikan apakah penerima subsidi listrik di Riau ini memang benar-benar warga yang layak," papar Manajer Sumber Daya Manusia dan Umum PLN WRKR, Dwi Suryo Abdullah.
 
Menurut dia, tidak menutup kemungkinan warga yang menerima subsidi listrik dari PLN di Riau adalah warga dinilai mampu dari segi penghasilan terutama petani perkebunan kelapa sawit, karet, kelapa, para pegawai negeri sipil dan lain sebagainya.
 
Selain itu, lanjutnya, penuruan tim sengaja pihaknya lakukan untuk mendapatkan data pasti berapa sebenarnya warga di suatu daerah yang dinilai layak mendapatkan subsidi listrik atau subsidi yang diberikan lebih tepat sasaran.
 
Ia mengakui, berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) di Riau hanya terdapat 257.602 orang kepala keluarga prasejahtera yang menjadi pelanggan PLN WRKR dan layak diberi subsidi.
 
"Artinya terdapat selisih 490.127 orang dari jumlah total pelanggan yang tidak layak, akan tetapi tetap disubsidi pemerintah selama ini. Jadi pemberian subsidi selama ini dinilai salah sasaran," tegas dia.
 
Dwi Suryo menjelaskan, pencabutan subsidi tersebut dilakukan terutama bagi masyarakat di Riau yang mampu untuk memperbaiki infrastruktur dan meningkatkan rasio elektrifikasi, bertujuan agar semua warga di provinsi itu bisa menikmati listrik.
 
Pihaknya terlebih dulu akan menyisir pelanggan R1 atau golongan tarif rumah tangga atau pelanggan perseorangan dengan daya 450 VA dan 900 VA. Bila di lapangan terbukti seorang warga mampu, maka akan diminta menaikkan daya menjadi pelanggan nonsubsidi. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index