Produksi Meningkat, Semen Padang akan 'Kuasai' Pembangunan Tol Padang Pariaman-Pekanbaru

Produksi Meningkat, Semen Padang akan 'Kuasai' Pembangunan Tol Padang Pariaman-Pekanbaru

RIAUSKY.COM - PT Semen Padang menargetkan akan menjadi penyuplai utama pembangunan tol Padang Pariaman-Pekanbaru. Target itu didukungnya dengan meningkatnya produksi semen setahun terakhir.

"Jadi melihat produksi yang telah meningkat. Kita targetkan untuk pembangunan tol Padang Pariaman - Pekanbaru bahan semennya, dapat menggunakan Semen Padang," kata Direktur Keuangan PT Semen Padang, Tri Hartono di Wisma Indarung Padang, beberapa waktu lalu.

Tri menjelaskan, tahun 2016 ada sekira 6,5 juta ton semen yang diproduksi. Lalu pada tahun 2017 naik menjadi 7,4 juta ton, atau naik sebesar 15 persen.

Dia menyebutkan bertambahnya produksi semen karena pada 2017 lalu pabrik Indarung VI sudah beroperasi per 1 Agustus, sehingga kapasitas produksi naik jadi 8.9 juta ton semen dari 7.4 juta ton semen. 

Meski begitu laba bersih yang diraub PT Semen Padang mengalami penurunan pada tahun terakhir. Penurunan laba itu mencapai 30 persen.

"Kalau dulu lebih banyak demand dibanding supply. Sekarang lebih banyak supply meski sekarang banyak proyek infrastruktur. Itu berdampak pada ekses kapasitas 107 juta ton sementara kita 87 juta ton," jelasnya seperti dikutip dari Kumparan.com.

Tri menyebutkan untuk strategi yang dilakukan yakni cost transformation. PT. Semen Padang akan mengambil berbagai peluang, yaitu selain  peluang pembangunan jalan tol Padang pekanbaru, juga ditargetkan dapat mengcover untuk proyek dana desa. 

"Untuk dana desa ini kalau bisa dicover PT.Semen Padang maka peluangnya cukup besar yaitu 40 miliar. Tentunya kami minta dukungan dari masyarakat kalau mau bangun bangunan entah rumah, jalan, atau proyek di lingkungan rumah selalu gunakan Semen Padang," sebutnya. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index