Massa Pendukung Paslon Padati Arena Debat Pilgubri 2018 Tahap II

Massa Pendukung Paslon Padati Arena Debat Pilgubri 2018 Tahap II

SIAK HULU (RIAUSKY.COM) - KPU Riau kembali mengagendakan debat kandidat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahap II yang digelar di ballroom Hotel Labersa, Kampar, Jumat (22/06/2018).

Seperti di acara debat tahap I, ratusan massa masih terlihat antusias untuk menyaksikan langsung berlangsungnya debat tersebut yang disiarkan langsung oleh salah satu Tv lokal. Namun demikian tak semua pendukung bisa memasuki arena acara.

Selain itu, bagi pendukung yang akan memasuki arena debat, pihak panitia memberlakukan pengamanan ketat, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Makanya tak heran, saat akan memasuki tempat acara, pihak kemananan melakukan pemeriksaan bagi tiap-tiap tamu undangan yang ingin memasuki ballroom.

Sebelumnya disampaikan Ketua KPU Riau, Nurhamin kalau kegiatan debat kandidat tahap II ini ada perbedaan dibandingkan dengan debat kandidat tahap pertama.

"Beberapa perbedaan yang cukup menonjol adalah segmen. Pada debat kandidat tahap pertama terdiri dari 6 segmen. Sementara debat kandidat tahap II  hanya ada 4 segmen. Namun, di debat  kandidat II waktu lebih diberikan kepada paslon untuk berorasi. Yaitu diberikan waktu 2 menit. Sementara debat kandidat selumnya hanya diberikan waktu 1,5 menit," terang Nurhamin.

Namun, tambahnya, jika orasi paslon sudah sselesai ssbelum batas waktu usai, moderator bisa menghentikannya dan memberikan ke paslon lain.Nurhamin menyatakan, perbedaan lainya adalah mengenai masalah tim pendukung. Jika pada debat kandidat tahap pertama hanya 100 orang, pada debat kandidat tahap II ini tim pendukung bisa sampai 150 orang.

Selain itu, tambahnya, dalam debat kandidat kali ini, pendukung dan undangan tidak diperbolehkan membawa makanan. Alasannya adalah agar tidak dijadikan sarana provokasi.

"Segmen terakhir, paslon bisa mengungkapkan bagaimana jika mereka kalah. Karena proses pilkada merupakan murni keinginan masyarakat. Kemenangan pilkada ini adalah kemenangan Riau," katanya.

Debat terakhir, tambah Nurhamin, ia berharap akan dapat berjalan dengan baik dan tertib agar tidak menciderai proses pilkada sebelumnya. Untuk itu, pelaksanaan debat kandidat akan mendapatkan debat kandidat yang santun dan bersih serta partisipatif. (R06/Mcr)

Listrik Indonesia

#PILGUBRI 2018

Index

Berita Lainnya

Index